ADVERTISEMENT

Bagnaia Menang di MotoGP Inggris Ternyata Ditolong Rossi dan Stoner

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 09 Agu 2022 16:47 WIB
NORTHAMPTON, ENGLAND - AUGUST 07: Race winner Francesco Bagnaia of Italy and Ducati Lenovo Team stands on his bike and rolls parc ferme after his race winduring the race of the MotoGP Monster Energy British Grand Prix at Silverstone Circuit on August 07, 2022 in Northampton, England. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Francesco Bagnaia menang di MotoGP Inggris 2022 Foto: Getty Images/Steve Wobser
Jakarta -

Rider Ducati, Francesco Bagnaia meraih kemenangan pertama MotoGP Inggris, Silverstone. Ternyata ada kontribusi Valentino Rossi, dan Casey Stoner di balik kesuksesan Bagnaia.

Dalam seri balapan MotoGP Inggris 2022, Bagnaia bukan favorit sebagai pemenang balapan. Selama jadi rider MotoGP, dia belum pernah menyentuh garis finish terdepan di Sirkuit Silverstone, apalagi Italiano itu juga tidak punya torehan waktu terbaik selama sesi free practice hingga sesi kualifikasi.

"Aku tidak kompetitif seperti yang diharapkan, dan kemarin aku pun sudah terima kalau hanya finis 5 besar. Aku sudah tahu sangat sulit untuk bisa menang," ujar Bagnaia dikutip Crash, Selasa (9/8/2022).

Namun seri MotoGP Inggris 2022 seperti keajaiban bagi dirinya. Dia mendengar petuah dari pebalap-pebalap senior, eks rider Ducati, Casey Stoner, dan sang mentor balapnya Valentino Rossi.

"Aku berbincang banyak dengan Valentino (Rossi) lebih banyak dari (Casey Stoner) dan di sini dia menolongku untuk mengerti situasi yang lebih baik."

"Dan tidaklah mudah dari perspektifnya karena ia berada di rumah menatap layar televisi. Tapi ia sudah membantuku memahami ban, memahami suhu pada ban. Ia sudah sangat membantuku," tutur rider Ducati tersebut.

Valentino Rossi terakhir kali menang di MotoGP Inggris pada 2015 silam. Setelah itu empat pebalap berbeda keluar sebagai jawara, di antaranya Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Alex Rins, dan Fabio Quartararo.

Lalu Casey Stoner saat ebrseragam Ducati juga pernah menang pada tahun 2011 di Sirkuit Silverstone. Jorge Lorenzo paling sering, dia menang pada 2010, 2012, dan 2013.

Beruntungnya Bagnaia, karena selain The Doctor, pebalap 25 tahun ini juga mendapat nasehat dari Casey Stoner. Bahkan Bagnaia diberikan tips dan trik untuk mendapatkan traksi lebih baik saat berlaga di Sirkuit Silverstone.

"Aku bertanya kepadanya, apakah di lintasan ini pada masa lalu ia akan mengubah sesuatu yang dapat membantunya agar bisa lebih kompetitif," ucap Bagnaia.

"Dia mengirimiku pesan. Dan aku cuma berusaha untuk melakukan sesuatu yang di masa lalu juga bakal ia lakukan, dan masukannya itu bagus, walaupun mungkin kurang cocok dengan ban kami saat ini."

"Dia ahli dalam menemukan traksi ban di bagian akhir tikungan," sebutnya.

Bagnaia menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 40 menit 10,260 detik dalam balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (7/8/2022) malam WIB.

Kemenangan ini merupakan yang keempat bagi Bagnaia di MotoGP 2022. Sementara di MotoGP Inggris, Bagnaia mencatatkan kemenangan pertama.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT