ADVERTISEMENT

Honda Masih Babak Belur di MotoGP Inggris: Terbaik Finis ke-13

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 08 Agu 2022 09:47 WIB
SCARPERIA, ITALY - MAY 28: Pol Espargaro of Spain and Repsol Honda Team  looks on in box during the MotoGP of Italy - Qualifying at Mugello Circuit on May 28, 2022 in Scarperia, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Di MotoGP Inggris, Pol Espargaro finis di posisi 14. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Performa motor Honda di MotoGP belum juga membaik. Dalam gelaran MotoGP Inggris 2022,rider Honda tak satupun masuk 10 besar.

Di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8) malam WIB, pebalap Honda dengan posisi finis terbaik adalah Takaaki Nakagami. Nakagami menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 13,7 detik lebih lambat dari sang jawara Pecco Bagnaia dan hanya bisa menempati posisi 13.

Pol Espargaro yang berada di tim utama justru berada di belakang Nakagami, dan Stefan Bradl yang menggantikan Marc Marquez hanya finis di tempat ke-19.

"Start saya sangat buruk, setelah putaran pertama saya ada di posisi 20. Saya hanya perlahan-lahan menemukan ritmenya dan mampu meraih posisi ke-14. Meskipun saya lebih cepat dari Taka, tapi saya tidak bisa menyalipnya," kata Pol dikutip Speedweek.

Pol menyebut ritme balapanya tidak terlalu buruk. Tapi pada kenyataannya, ia justru tertinggal 6 detik dalam tiga lap pertama. Kemudian pada putaran ke-17, Pol makin tertinggal jauh.

"Ritme kami setidaknya bisa untuk posisi 6 atau 8. Tapi apa yang bisa kamu lakukan saat berada di posisi 20 di putaran pertama. Kami kesulitan karena tidak memiliki daya cengkram yang sama dengan pebalap lain yang juga menggunakan ban serupa," katanya.

"Tapi kami tidak bisa menyalahkan ban, kami harus memperbaiki motor. Setidaknya kami bisa memperbaiki sistem pengereman secara signifikan ketika balapan, ini akan membuat saya lebih senang," sambungnya lagi.

Meski begitu, Pol menganggap posisi 14 dengan catatan waktu 5 detik lebih baik dari balapan tahun lalu membuktikan bahwa motor makin cepat tapi tim lain justru mengembangkan motor lebih baik ketimbang yang dilakukan Honda.

"Kami masih tertinggal," akunya.

Rentetan hasil buruk Honda di musim 2022, tidak merubah banyak posisi klasemen sementara. Hingga saat ini, sekalipun absen dalam beberapa balapan Marc Marquez menjadi pebalap Honda dengan torehan poin paling tinggi yakni 40 poin. Marquez menghuni posisi ke-14 kalesemen sementara. Sedangkan Nakagami berada di tempat 16 dengan 45 poin, Pol Espargargo di posisi 17 dengan 42 poin.



Simak Video "Repsol Honda: Segalanya Berubah Sejak MotoGP Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT