ADVERTISEMENT

Gagal Gelar MotoGP, Sirkuit KymiRing Finlandia Mau Dituntut Bangkrut

Doni Wahyudi - detikOto
Rabu, 06 Jul 2022 10:35 WIB
Sirkuit KymiRing
Sirkuit KymiRing terancam dituntut bangkrut gegara tak kunjung bayar utang (Foto: MotoGP.com)
Jakarta -

Dorna Sports memutuskan batal menggelar balapan MotoGP Finlandia. Sirkuit KymiRing yang tadinya direncanakan menghelat ajang tersebut kini malah akan dituntut bangkrut.

Dorna pada akhir Mei lalu memutuskan untuk mencoret seri MotoGP Finlandia. Ada beberapa alasan yang membuat Dorna, FIM, dan IRTA memutukan batal membawa Fabio Quartararo cs ke negara tersebut.

Dalam pernyataannya, Dorna Sports menyebut pembatalan MotoGP Finlandia 2022 dilakukan lantaran proses homologasi masih terus dilakukan di Sirkuit KymiRing. Selain itu, di sekitar negara Finlandia sedang terjadi konflik perang, yang tentunya menghadirkan risiko tersendiri jika tetap dilaksanakan.

Kini, sebulan setelah resmi dibatalkan oleh Dorna, Sirkuit KymiRing mengalami masalah lain. Mereka dituntut bangkrut ke pengadilan. Demikian dikutip dari rideapart.

Suratkabar terbitan Finlandia, Iltalehti, menyebut Sirkuit KymiRing masih berutang pada beberapa perusahaan konstruksi. Jumlahnya sebenarnya tak besar-besar amat, mencapai Rp 9 miliar. Namun utang tersebut kabarnya tak juga dibayar.

Sirkuit KymiringSirkuit Kymiring Foto: Twitter.com/motogp

Disebutkan ada dua perusahaan konstruksi yang menagih utang pada Sirkuit KymiRing. Mereka adalah Maanrakennus Pekka Rautiainen ky sebesar Rp 5,7 miliar dan dan Macra oy sebesar Rp 4,07 miliar.

Karena pemilik Sirkuit KymiRing tak kunjung memenuhi pembayaran utang itu, kedua perusahaan konstruksi tersebut pada akhirnya mengajukan pernyataan bangkrut ke pengadilan.

"Kami menyadari sudah ada aplikasi (penyataan bangkrut) diajukan ke pengadilan. Bagaimanapun, kami belum menerima aplikasi tersebut, jadi kami belum akan berkomentar saat ini. Dewan Sirkuit KymiRing serta pemilik masih mendiskusikan persoalan ini secara internal hari ini. Akan ada keterangan lebih lanjut setelah pernyataan pengadilan kami terima," ucap Riku Ronholm, CEO Sirkuit KymiRing.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT