MotoGP Finlandia 2022 Batal, Netizen Indonesia: Yuk Gelar di Mandalika Lagi

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 26 Mei 2022 12:20 WIB
MotoGP - Indonesian Grand Prix - Mandalika International Street Circuit, Kuta, Lombok, Indonesia - March 20, 2022 Repsol Honda Teams Pol Espargaro and Red Bull KTM Factory Racings Brad Binder in action REUTERS/Willy Kurniawan
Netizen Indonesia meminta MotoGP diadakan kembali di Mandalika tahun ini sebagai pengganti MotoGP Finlandia 2022 yang dibatalkan. Foto: REUTERS/WILLY KURNIAWAN
Jakarta -

Dorna Sports resmi membatalkan penyelenggaraan MotoGP Finlandia karena alasan homologasi dan faktor keamanan. Netizen Indonesia pun menyerbu akun media sosial resmi MotoGP dan menyarankan supaya MotoGP kembali diadakan kembali di Sirkuit Mandalika sebagai pengganti MotoGP Finlandia.

Diberitakan sebelumnya, MotoGP Finlandia yang sedianya dilaksanakan Juli 2022 di Sirkuit KymiRing resmi dibatalkan. Keputusan ini diambil FIM, IRTA, serta Dorna Sports dengan berbagai pertimbangan.

Pertimbangan itu antara lain karena proses homologasi belum tuntas, serta adanya risiko yang disebabkan situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut. Keputusan ini diumumkan pada Rabu, 25 Mei 2022, di situs resmi MotoGP dan berbagai platform media sosial MotoGP.

Sirkuit KymiringSirkuit KymiRing di Finlandia Foto: Twitter.com/motogp

"Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, dengan sedih (kami) harus membatalkan Grand Prix Finlandia pada tahun 2022," tulis pernyataan resmi Dorna Sports di laman MotoGP.

"Keadaan saat ini telah menimbulkan penundaan dan menempatkan pekerjaan yang sedang berlangsung di sirkuit baru dalam risiko. Karena itu, semua pihak telah sepakat bahwa debut trek ini harus ditunda hingga 2023, ketika MotoGP berharap untuk kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya dalam empat dekade."

Tak ayal pengumuman tersebut pun mengundang reaksi para netizen Indonesia. Mereka berharap MotoGP Mandalika kembali diselenggarakan tahun ini untuk menggantikan Sirkuit KymiRing. Sebelumnya Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sudah menyelenggarakan MotoGP pada Maret 2022 lalu.

"Mandalika 2 race," kata akun @imes_********.

"Mandalika for replacement," sebut akun @alvin***.

"Come back to Mandalika," bilang akun @arip**********.

Hal itu tampaknya sulit diwujudkan, karena pihak penyelenggara MotoGP mengatakan tidak akan mencari venue pengganti MotoGP Finlandia. Oleh karena itu, kalender Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 pun akan dipangkas jadi 20 seri dari awalnya 21 seri.

(lua/din)