Netizen Teriak Aspal Mandalika Rusak karena Dipakai Drift, Pebalap MotoGP Bilang Sebaliknya

Tim detikcom - detikOto
Senin, 23 Mei 2022 14:26 WIB
Sirkuit Mandalika digunakan untuk ajang track day (21-22/5/2022)
Foto: Instagram @themandalikagp. Sirkuit Mandalika digunakan untuk ajang track day (21-22/5/2022).
Jakarta -

Beberapa netizen mempertanyakan nasib aspal Sirkuit Mandalika yang digunakan untuk ajang track day akhir pekan kemarin. Mereka pun merasa khawatir aspal di trek utama rusak karena dipakai untuk nge-drift. Tapi sebenarnya hal itu tidak perlu dikhawatirkan, sebab pebalap MotoGP saja menyarankan agar Sirkuit Mandalika sering dipakai untuk balap lokal, termasuk juga dibuka untuk umum seperti di ajang track day.

Setelah menggelar kompetisi balap internasional seperti Asia Talent Cup, WSBK, hingga MotoGP, akhirnya Sirkuit Mandalika dibuka untuk warga umum yang ingin merasakan sensasi mengelilingi sirkuit baru kebanggaan masyarakat Indonesia itu.

Sirkuit yang berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, itu untuk pertama kalinya menggelar track day pada 21-22 Mei 2022, dan melibatkan motor dan mobil. Penonton juga bisa menyaksikan ajang ini dengan harga tiket cukup terjangkau, yakni Rp 10 ribu per orang, lalu tiket motor Rp 20 ribu, serta tiket mobil Rp 30 ribu. Tiket-tiket itu dijual secara on the spot di lokasi acara.

Nah, rupanya banyak komentar-komentar netizen di akun Instagram @themandalikagp yang mempertanyakan nasib aspal Sirkuit Mandalika kala digunakan untuk kegiatan track day tersebut. Mereka khawatir aspal Sirkuit Mandalika rusak karena digunakan untuk ngepot dan burnout.

"Kasian ngliat aspalnya digituin," kata akun @deo********.

"Aspalnya ngelotok gak," bilang akun @arie*********.

"Mandalika buat drift dan katanya mau buat drag. Pasti buat burnout. Apa gak rusak aspalnya. Saran aja mending event balap touring kaya yg d ikuti Om Fitra Eri deh," kata akun @vick******.

Apakah kegiatan track day yang dilakukan di Sirkuit Mandalika itu bisa bikin aspal sirkuit rusak? Pebalap MotoGP dari tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, justru mengatakan sebaliknya. Sirkuit baru seperti di Mandalika akan bertambah bagus jika sering digunakan untuk balapan.

Sebelum gelaran MotoGP Mandalika Maret 2022 lalu Rins pernah berkata, jika sering dipakai balapan, maka racing line di Sirkuit Mandalika perlahan-lahan akan terbentuk. Efek lainnya, aspal akan semakin memiliki daya cengkeram yang baik terhadap ban kendaraan. Waktu itu Rins bahkan menyarankan agar Sirkuit Mandalika digunakan untuk balapan lokal oleh masyarakat umum terlebih dahulu.

"Mungkin satu pekan sebelum (MotoGP) datang ke sini mereka bisa mengizinkan semua motor yang ada di jalanan untuk membalap di sini supaya lebih banyak grip di trek, atau mungkin lakukan balap mobil, dengan mobil-mobil sewaan, entah bagaimana," kata Rins dikutip dari Antara (14/2/2022).

Saksikan LIVE! Adu Perspektif: Bayang-bayang Jokowi di Balik Relawan dan Koalisi Partai

(lua/lth)