ADVERTISEMENT

Bagnaia, Murid Valentino Rossi yang Hapus Puasa Ducati di Belanda

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 27 Jun 2022 15:28 WIB
Francesco Bagnaia menang di MotoGP Belanda 2022
Francesco Bagnaia membatalkan puasa kemenangan Ducati di MotoGP Belanda (Foto: Ducati)
Jakarta -

Francesco Bagnaia menjadi juara MotoGP Belanda 2022. Italiano itu menghapus puasa gelar Ducati selama 14 tahun di Sirkuit Assen.

Saat balapan di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (26/6/2022), Bagnaia mampu tampil dominan. Start dari posisi pertama, dia langsung ngacir ke urutan paling depan.

Bagnaia tak terkejar, melahap 26 lap dengan catatan waktu 40 menit 25,205 detik. Dia mampu jadi pebalap pertama Ducati sejak 2008 yang menang di Sirkuit Assen. Sebelumnya, Casey Stoner yang terakhir mengantarkan Ducati menjadi juara di MotoGP Belanda.

Ini adalah kemenangan ketiga Bagnaia dari 11 balapan MotoGP 2022, setelah sebelumnya juga jadi kampiun di Spanyol dan Italia. Kemenangan ini sekaligus menghapus catatan buruk rider 24 tahun setelah setelah pada dua balapan terakhir dia gagal menuntaskan race.

Atas hasil tersebut, Bagnaia, yang adalah jebolan Akademi VR46, senang bukan kepalang. Dia bisa menikmati liburan musim panas lebih tenang.

"Saya sungguh bersenang-senang pekan ini, terutama di hari balapan. Itu balapan yang spesial, dan hasil ini memberi kami motivasi yang tepat sebelum kami memulai liburan musim panas," ujar Bagnaia dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Senin (27/6/2022).

Bagnaia juga senang 'buka puasa' gelar Ducati di Assen. Lebih dari satu dekade, Ducati tak pernah menang di Sirkuit sepanjang 4,5 km ini.

"Terakhir kali Ducati menang di Assen adalah pada 2008 bersama Stoner, senang rasanya kami telah membawa Desmosedici GP meraih kemenangan lagi di sirkuit ini setelah sekian lama. Saya juga senang untuk Marco Bezzecchi, teman saya dan pebalap Akademi, dan senang bisa berbagi pengalaman, podium bersamanya," ujar Bagnaia.

Well, sang guru, Valentino Rossi, juga salah satu pebalap tersukses di Sirkuit Assen. The Doctor sudah memenangi GP Belanda sebanyak 8 kali saat berseragam Honda dan Yamaha. Terakhir kali Rossi menang di Belanda pada MotoGP 2017.

Kemenangan Bagnaia di MotoGP Belanda sekaligus memutuskan 'kutukan' Ducati. Sebab pabrikan Borgo Panigale itu total baru menang 2 kali selama berkiprah di MotoGP.

Atas hasil ini, Bagnaia juga memangkas jarak poin di klasemen sementara MotoGP 2022. Bagnaia naik ke urutan keempat, terpaut 66 poin di belakang Fabio Quartararo.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT