ADVERTISEMENT

Duh! Jumlah Penonton MotoGP Turun, Tak Ada Rossi-Marquez Jadi Hambar?

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 13 Jun 2022 09:12 WIB
Yamaha-SRT Italian rider Valentino Rossi rides past his fans as he goes to take the start of the San Marino MotoGP Grand Prix at the Misano World Circuit Marco-Simoncelli on September 19, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)
Valentino Rossi dan pendukung setianya yang kerap membuat kuning tribun penonton Foto: AFP/ANDREAS SOLARO
Jakarta -

MotoGP kehilangan jumlah penonton yang datang ke area sirkuit. Tren penurunan diduga penyebabnya usai Valentino Rossi tak lagi balapan, Marc Marquez yang kerap dilanda cedera, belum lagi percikan rivalitas sebagai bumbu balapan yang kurang.

Dikutip dari Speedweek, Minggu (12/6/2022) komparasi jumlah penonton MotoGP mengalami penurunan dibandingkan antara tahun 2019 sebelum COVID-19, dan 2022 di tiga grand prix.

Pertama saat race day pada MotoGP Italia, Sirkuit Mugello 2019, jumlah penonton yang datang sebanyak 83.000, sementara sepanjang akhir pekan 139.000. Lalu di tahun 2022, Sirkuit Mugello turun menjadi 43.600 (race day), dan 74.000 (weekend).

Sirkuit Mugello merupakan kandang bagi legenda MotoGP, Valentino Rossi. Penurunan jumlah penonton tak bisa dikesampingkan dari kiprah Valentino Rossi.

Selain itu pada MotoGP Catalunya kemarin juga mengalami tren penurunan. Pada 2019 jumlahnya 92.000 (Race Day) dan 158.000 (Weekend). Lalu menyusut jadi 60.000 (Race Day) dan 115.000 (weekend).

Kemungkinan penyebab hilangnya penonton di sirkuit, pengunduran diri Valentino Rossi dari MotoGP. Tak bisa ditampik kalau Rossi punya penggemar terbesar di dunia. Di mana pun Rossi berada selalu hadir nomor 46 dan ramai warna kuning.

Ditambah lagi dengan 'menghilangnya' Marc Márquez. Rider dengan aksi memukaunya itu harus dilanda cedera sehingga membuatnya tampil tak maksimal, dan kini tengah memulihkan diri.

MotoGP kini punya juara baru, Fabio Quartararo. Juara asal Prancis ini dirasa punya andil dalam memenuhi jumlah kursi penonton di MotoGP Prancis.

Buktinya, Sirkuit Le Mans dipadati 110.000 penonton saat race day. Naik dari tahun 2019 yang jumlahnya 104.000 penonton.

Uccio Salusi, kawan dari Valentino Rossi bilang setiap olahraga membutuhkan semakin banyak duel maka akan punya lebih banyak daya tarik. Menurutnya, MotoGP sekarang dinilai kurang memiliki percikan rivalitas. Hal ini justru disukai oleh penonton MotoGP.

"Ya, ini seperti beberapa waktu lalu dengan Stoner, Lorenzo, Pedrosa," kata Uccio dikutip dari Mowmag, Minggu (12/6/2022).

Lalu apakah Rossi akan kembali ke MotoGP? Uccio bilang sudah cukup The Doctor jadi pebalap, dia lebih tertarik hanya untuk menjajal daripada ikut grand prix bahkan ikut sebagai pebalap wild card sekalipun.

"Saya sudah mengatakan kepadanya dua atau tiga kali, jika dia ingin mencoba Ducati, lakukan dua atau tiga putaran. Tapi dia sekarang punya hal lain yang dikerjakan," kata Uccio.

"Ini tidak mudah untuk mengaturnya, memasukan semuanya ke dalam trek dalam semalam. Tapi saya pikir dia akan senang setelah mencobanya," ujar Uccio.

"Menurut saya, wild card adalah perlombaan yang harus banyak dipersiapkan... kita sudah 9 kali juara dunia, kita tidak perlu melakukan wild card," tambah dia.

Uccio mengatakan jika jumlah penonton dan minat terhadap MotoGP turun akan berdampak pada tim. Baginya ini tugas berat Dorna Sport untuk menyelesaikannya.

"Sebelumnya saya minta maaf karena, jelas, jika minat turun, maka secara tidak langsung kami juga akan menderita. Ini adalah lingkaran setan yang harus kita coba pecahkan. Apa yang dapat saya katakan kepada Anda adalah bahwa saya tahu bahwa Dorna bekerja keras untuk itu, kami manajer tim telah mengadakan banyak pertemuan dengan manajemen Dorna dalam periode ini," ungkap Uccio yang menjabat sebagai Direktur Mooney VR46 Racing Team.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT