Sempat Galau, Ini Alasan Quartararo Mau Bertahan di Yamaha

ADVERTISEMENT

Sempat Galau, Ini Alasan Quartararo Mau Bertahan di Yamaha

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 05 Jun 2022 18:07 WIB
LE MANS, FRANCE - MAY 15: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP sits on his bike at the starting grid during the race of the MotoGP SHARK Grand Prix de France at Bugatti Circuit on May 15, 2022 in Le Mans, France. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Fabio Quartararo Foto: (Getty Images/Steve Wobser)
Jakarta -

Rider muda asal Prancis, Fabio Quartararo masih berjodoh dengan Yamaha hingga tahun 2024. Juara dunia 2021 ini sempat galau ingin bertahan di Yamaha atau pindah ke pabrikan lain. Lalu apa yang membuatnya tetap di pabrikan Iwata?

Kerja sama Fabio Quartararo berlanjut hingga tahun 2024. El Diablo, begitu julukan pebalap ini, yakin dengan janji yang diberikan Yamaha.

Ya, Quartararo bilang Yamaha akan memperbaiki top speed YZR-M1. Ini yang kerap dikeluhkan dan jadi ganjalan bagi Quartararo. Bahkan, dia sempat galau mau pilih bertahan atau pindah ke pabrikan lain.

"Kami tidak hanya berbicara dengan Yamaha. Pada suatu masa, kepala saya mengarah ke satu sisi, satu minggu lagi berubah pikiran, saya ingin pergi (ke arah lain), dan itu sedikit sulit," kata Quartararo dikutip Crash.

Yamaha disebut akan menambah insinyur baru dalam proyek pengembangan YZR-M1. Khususnya terkait kecepatan.

"Pada dasarnya, tujuan pertama saya adalah memiliki motor terbaik dan proyek terbaik. Dan mereka meyakinkan saya [untuk bertahan] karena mereka akan membawa orang-orang baru, insinyur, dan mereka tahu persis di mana mereka perlu berkembang."

Quartararo bahkan bisa tertinggal 10-12km/jam lebih lambat dari mesin tercepat musim ini.

"Di masa lalu, mungkin mereka sedang mengerjakan beberapa area, tetapi mereka [Yamaha] tidak benar-benar menerima bahwa motornya lebih lambat daripada yang lain. Dan sekarang mereka tahu dan mereka jelas akan bekerja pada titik lemah ini," tambahnya.

"Agar adil, saya merasa sangat baik di atas motor. Tentu saja setiap pengendara selalu menginginkan lebih. Tapi satu-satunya hal yang kami lewatkan dibandingkan dengan yang lain, adalah kecepatan."

"Jadi itulah yang membuat saya benar-benar mengambil keputusan untuk bertahan di Yamaha. Saya tahu bahwa mereka mendorong untuk membawa lebih banyak tenaga dan saya merasa baik di atas motor."

"Saya sangat senang karena mereka benar-benar mengerti [sekarang] dan mereka melakukan yang terbaik untuk menemukan apa yang kami lewatkan. Banyak orang, insinyur, akan masuk ke sisi mesin dan mengerjakan bagian motor itu," pungkas dia.

Simak video 'Fabio Quartararo Juara MotoGP Catalunya, Dominan Sepanjang Balapan':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT