ADVERTISEMENT

Joan Mir: Kalau Balapan Begini, Mending di Rumah Saja!

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 03 Jun 2022 08:35 WIB
LE MANS, FRANCE - MAY 15: Joan Mir of Spain and Team SUZUKI ECSTAR looks in the sky after his crash during the race of the MotoGP SHARK Grand Prix de France at Bugatti Circuit on May 15, 2022 in Le Mans, France. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Joan Mir kecewa betul dengan hasil yang diraih di MotoGP Italia (Foto: Getty Images/Steve Wobser)
Jakarta -

Joan Mir gagal total di MotoGP Italia. Rider Suzuki itu frustasi, bahkan lebih baik di rumah daripada ikut balapan jika hanya bisa bersaing di grid belakang.

Juara dunia MotoGP 2020 ini tidak memulai start dengan apik di Sirkuit Mugello, Minggu lalu. Joan Mir start dari posisi 17, tapi melorot hingga ke tempat 19.

Meski begitu, Joan Mir bisa memperbaiki posisi ke-16. Tapi petaka datang, Mir malah harus memarkirkan motornya lebih cepat. Dia crash saat baru memasuki putaran delapan.

fall of Mir Joan Spa Team Suzuki Ecstar Suzuki during the MotoGP World Championship Gran Premio dItalia Oakley Race on May 29, 2022 at the Mugello International Circuit in Scarperia (FI), Italy (Photo by Alessio Marini/LiveMedia/NurPhoto via Getty Images)Joan Mir kecelakaan di Sirkuit Mugello 2022 (Photo by Alessio Marini/LiveMedia/NurPhoto via Getty Images) Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto

Ini hasil jeblok yang diraih pabrikan Hamamatsu sepanjang MotoGP musim ini. Dua kali gagal meraih poin secara beruntun. Teruntuk Joan Mir, dia gagal finis ketiga kalinya dalam empat balapan terakhir, duh!

Pencapaian terbaik Joan Mir finis keempat pada MotoGP Argentina dan Austin. Saat ini Mir berada di posisi 10 klasemen sementara MotoGP dengan mengumpulkan 56 poin.

Mir mengaku tidak bisa menyatu dengan motornya. Harmoni di tim Suzuki juga sudah hilang sejak pengumuman bakal hengkang dari MotoGP 2022.

"Saya sudah tahu tidak bisa menuntaskan 23 putaran dengan paket motor yang kami punya," kata Joan Mir dikutip The Race, Kamis (2/6/2022).

Apa yang terjadi di MotoGP Italia, menjelaskan keseimbangan motor Suzuki dengan pebalapnya saat ini. Mir mengaku tak bisa nyetel dengan motor hingga akhirnya crash.

"Situasinya saya berada di belakang (Jorge) Martin dan seorang pebalap lain. Ada kekhawatiran saat mendekati akhir lintasan lurus. Saya tidak bisa menghentikan motor dengan baik, sempat keluar dari racing line, dan kehilangan grip depan motor," jelas Joan Mir.

Hal yang membuatnya kecewa, tim dan dirinya belum tahu penyebab motornya jadi kurang menyatu. Terutama saat cornering speed, yang menjadi salah satu kekuatan motor inline-4 Suzuki.

"Perasaan kami tidak wajar sepanjang akhir pekan ini. Saya tidak tahu apa yang terjadi. Saya tidak bisa mendapatkan kecepatan yang sama di tikungan seperti tahun lalu, jauh dari situ. Kalau saya paksa melakukannya, saya tidak bisa menikung dengan baik," tambah Mir.

Di tengah kegamangan Suzuki yang hendak hengkang dari MotoGP 2022. Juara dunia MotoGP 2020 ini belum menemukan solusinya, hal ini yang membuat Joan Mir frustasi. Apalagi status sebagai pebalap pabrikan belum tercermin jika hanya bersaing di barisan belakang.

"Kami harus melakukan langkah besar untuk menemukannya karena jika hanya bertarung dalam posisi seperti ini, sejujurnya lebih baik di rumah saja," cetus Mir.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT