ADVERTISEMENT

Saat Yamaha YZR-M1 Quartararo Dipecundangi Desmosedici Bagnaia di Trek Lurus

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 30 Mei 2022 06:36 WIB
Francesco Bagnaia di Sirkuit Mugello
Pecco Bagnaia menunggangi Ducati Desmosedici GP22. (Foto: Ducati)
Jakarta -

Motor Yamaha YZR-M1 yang ditunggangi Fabio Quartararo terlihat tak berdaya saat adu cepat di trek lurus dengan motor Ducati Francesco 'Pecco' Bagnaia. Hal itu membuat Bagnaia dengan mudah menyalip posisi Quartararo di tempat kedua.

Pada putaran keenam MotoGP Italia, Quartararo tengah menghuni posisi kedua di belakang Marco Bezzecchi. Bagnaia yang sebelumnya berada di tempat keempat di belakang Luca Marini, langsung merangsek ke posisi kedua.



Di atas kertas, Ducati Desmosedici GP22 yang ditunggangi Bagnaia menggendong mesin mesin V4 90°, empat tak, Desmodromic DOHC, empat katup per silinder berpendingin cairan.Mesin memiliki kapasitas 1.000 cc.

Tenaga dari mesin Desmodromic V4 1.00 cc ala Ducati itu bisa mencapai lebih dari 250 daya kuda. Kecepatan maksimalnya tembus 350 km/jam lebih. Di MotoGP Italia, rata-rata kecepatan Ducati Desmosedici GP22 Bagnaia mencapai 351,4 km/jam. Sedangkan puncaknya mencapai 356,4 km/jam.

Kemudian untuk Yamaha YZR-M1 dibekali dengan mesin 1.000cc 4 silinder segaris. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga lebih dari 240 daya kuda yang disalurkan ke transmisi roda belakang. Di Italia, motor Quartararo itu memang bukan yang tercepat.

Dalam catatan MotoGP, kecepatan rata-rata Quartararo hanya mencapai 344,5 km/jam. Kecepatan puncak dari Yamaha YZR-M1 itu paling mentok di 350,6 km/jam. Pun demikian dengan rekan setimnya Franco Morbidelli. Rata-rata kecepatan motor tunggangan Morbidelli sedikit lebih baik ketimbang Quartararo yakni 348,5 km/jam. Sementara untuk kecepatan puncaknya sama yakni 350,6 km/jam.

Nyatanya meski memiliki rata-rata kecepatan lebih baik, Morbidelli pun tidak sanggup berdiri di podium. Ia hanya menempati posisi ke-17 dari total 22 pebalap yang berlaga.

Ducati Desmosedici sendiri memang terlihat cukup perkasa dengan menguasai posisi terdepan balapan di Sirkuit Mugello itu. Ada Fabio Diggiantonio, Bezzecchi, Marini, Johann Zarco, Bagnaia mendominasi start di baris pertama dan kedua.

Simak video 'Quartararo Masih Puncaki Klasemen MotoGP Dibuntuti Aleix Espargaro':

[Gambas:Video 20detik]



(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT