Nomor 46 Hanya Milik Valentino Rossi Seorang

Dina Rayanti - detikOto
Minggu, 29 Mei 2022 07:10 WIB
Yamaha R1 GYTR VR46
Ilustrasi motor R1 Valentino Rossi Foto: Yamaha Motor Europe
Jakarta -

Nomor 46 hanya milik Valentino Rossi, tidak ada lagi pebalap yang bisa menggunakannya. Ya, nomor 46 sudah resmi dipensiunkan dari ajang MotoGP jelang perhelatan seri Mugello. Rossi 'merayakan' pensiunnya nomor 46 itu bersama dengan para penggemar yang sudah menanti di grandstand. Beberapa dari mereka mengenakan pakaian serba kuning.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan Presiden FIM Jorge Viegas turut serta mendampingi Valentino Rossi ketika secara simbolis mundur dari ajang MotoGP.

"Saya menggunakan nomor 46 sejak tahun pertama. Nomor 46 sangat berarti buat saya karena itu nomor dari Graziano saat ia finis kedua di kejuaraan dunia balapan 250cc. Ini bukan sekadar nomor, tapi sebuah merek," ungkap Rossi.

Meski merasa terhormat, di sisi lain Rossi menyayangkan nomor 46 harus mundur dari ajang MotoGP.

DONINGTON, ENGLAND - JULY 25:  Valentino Rossi of Italy burns rubber after winning the British Grand Prix during the Cinzano British Grand Prix at Donington Park on July 24, 2004 in Donington, England.  (Photo by Jamie McDonald/Getty Images)Valentino Rossi (Photo by Jamie McDonald/Getty Images) Foto: Getty Images/Jamie McDonald

"Rasanya campur aduk. Di satu sisi sangat sedih karena saya harus keluar dan nomor 46 akan hilang dari MotoGP. Di lain pihak, sangat menyenangkan karena punya cerita yang panjang dan tidak terlupakan. Sangat membanggakan," kata juara 115 Grand Prix.

Rossi juga merasa bangga karena anak didiknya di bawah naungan VR46 Riders Academy mulai tampil di MotoGP. Setidaknya penerus dari Italia sudah mulai terlihat.

Namun demikian, jumlah penonton di Mugello tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun 2019. Kabarnya, pengunduran diri Rossi menjadi faktor utama dari berkurangnya jumlah penonton tersebut. Perkiraan cuaca buruk dan harga tiket yang tinggi juga melambung juga menjadi faktor penurunan penonton. Santer disebut hanya akan ada 30.000 penonton menyambangi sirkuit untuk menonton balapan secara langsung.



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)