Sirkuit Mandalika Jadi Balapan Pembuka MotoGP 2023? Begini Kata MGPA

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 18 Mei 2022 17:25 WIB
Jakarta -

Sirkuit Internasional Losail, Qatar, resmi tak akan lagi menjadi seri pembuka musim MotoGP 2023. Hal ini memunculkan sejumlah rumor jika Sirkuit Mandalika bakal menjadi balapan perdana tahun depan.

Diberitakan sebelumnya, faktor yang menyebabkan Qatar tidak dapat menggelar seri pembuka mulai 2023 karena Sirkuit Losail mendapat perbaikan. Beberapa area dibangun ulang untuk memberikan pengalaman yang lebih menarik bagi semua orang yang terlibat pada gelaran MotoGP, tak terkecuali bagi para penggemar yang hadir untuk menyaksikan langsung.

"Proyek renovasi akan mulai terbentuk pada tahun 2022 dan akan melihat berbagai area dibangun kembali untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi semua orang yang berlomba," tulis pernyataan resmi MotoGP beberapa waktu lalu.

LOMBOK, INDONESIA - MARCH 19: MotoGP rider Aleix Espargaro #41 of Spain and Aprilia Racing competes during the qualifying round of the MotoGP Grand Prix of Indonesia at Mandalika International Street Circuit on March 19, 2022 in Lombok, Indonesia. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)Aleix Espargaro beraksi di Sirkuit Mandalika (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images) Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto

Nah, sejumlah rumor beredar jika seri MotoGP Mandalika berpeluang besar untuk menggantikan posisi MotoGP Qatar sebagai balapan perdana. Sebab, jika berkaca pada kalender balap musim ini setelah MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika merupakan balapan kedua.

Namun Vice President Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda mengatakan, hingga saat ini belum ada kabar mengenai Sirkuit Mandalika akan jadi seri pembuka di musim depan. Sampai sekarang, belum ada pembicaraan antara pihak Dorna dengan MGPA terkait hal tersebut.

"Mengenai seri pembuka belum ada pembicaraan dengan Dorna sejauh ini," kata Cahyadi saat dihubungi detikcom, baru-baru ini.

Menurut Cahyadi, jika Sirkuit Mandalika telah ditunjuk sebagai seri pembuka oleh Dorna tentu ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan. Tak hanya soal kondisi di trek, beberapa faktor pendukung lainnya juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum race dimulai.

"Bukan masalah aspal saja yang menjadi concern (perhatian), tentu timeline promosi dan strategi komersilnya juga harus disiapkan kalau memang ditunjuk menjadi seri pembuka," paparnya.

Motif tenun sasak di Sirkuit MandalikaSirkuit Mandalika tahun ini menggelar seri kedua MotoGP, tahun depan mungkin jadi balapan pembuka musim Foto: Dok. Kementerian PUPR

Selain Mandalika, sejumlah media asing memprediksi sirkuit lain yang diisukan bakal menggelar seri pembuka adalah MotoGP Australia yang berlangsung di Sirkuit Philip Island. Nantinya, setelah dari Australia baru balapan digelar di Indonesia, karena jarak kedua negara tak begitu jauh.

Namun hingga berita ini ditayangkan, MotoGP belum merilis kalender balap resmi untuk musim 2023. Sehingga kepastian Mandalika menjadi seri pembuka 2023 belum dapat dipastikan.

(din/din)