Suzuki Cabut dari MotoGP, Begini Respons Joan Mir dan Alex Rins

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 13 Mei 2022 07:05 WIB
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 30: Alex Rins of Spain and Team Suzuki ECSTAR leads   Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR  during the MotoGP race during the MotoGP Netherlands - Race on June 30, 2019 in Assen, Netherlands. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Alex Rins dan Joan Mir merespons rencana Suzuki hengkang dari MotoGP di akhir musim 2022.Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Tim Suzuki akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi terkait rencana pengunduran diri dari MotoGP. Dua pebalap andalannya, Joan Mir dan Alex Rins langsung merespons melalui akun instagram pribadi masing-masing.

Tim Jepang itu dihantam masalah finansial akibat pandemi COVID-19. Suzuki mengonfirmasi rencana mundur dari MotoGP di akhir 2022, pabrikan Hamamatsu ini sedang berbicara dengan Dorna untuk hengkang dari MotoGP.

"Sungguh disayangkan, situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan untuk memusatkan usahanya pada perubahan-perubahan besar yang dihadapi dunia otomotif di masa kini, memaksa Suzuki untuk mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru," bunyi pernyataan Suzuki.

"Kami ingin sekali mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar kami, kepada mereka yang telah mendukung aktivitas balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan seluruh penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusias mereka," tambahnya.

Kabar kepergian Suzuki otomatis akan memengaruhi masa depan dua ridernya, Alex Rins dan Joan Mir. Keduanya kompak langsung merespons usai pernyataan resmi dikeluarkan.

Joan Mir, yang pernah mencetak sejarah juara dunia MotoGP 2020 bersama Suzuki langsung mengunggah momen kemenangannya.

"Kamu yang terbaik! selalu di dalam hatiku," tulis Joan Mir.

Sementara Alex Rins yang sudah berseragam Suzuki sejak pertama kali naik ke MotoGP mengunggah foto podium ke-500 Suzuki. Rekor ini didapatkan usai Alex Rins podium kedua di MotoGP Amerika 2022. Dia hanya menambah emot cinta pada postingannya.

Musim 2022 ini, GSX-RR juga tengah tampil kompetitif, Alex Rins menempati posisi empat dengan 69 poin, dan Joan Mir berada posisi enam dengan mengoleksi 56 poin. Kedua pebalap ini mau tak mau harus mencari tim baru untuk mengarungi musim 2023.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)