Joan Mir Siap Gabung Honda?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 12 Mei 2022 14:30 WIB
LAGOA, ALGARVE, PORTUGAL - NOVEMBER 07: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP Of Portugal - Race on November 07, 2021 in Lagoa, Algarve, Faro. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Joan Mir Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Tim Suzuki kabarnya akan cabut dari MotoGP. Salah satu pebalapnya, Joan Mir pun harus pindah jika rumor itu menjadi kenyataan.

Meski Suzuki belum memberikan pernyataan resmi, Joan Mir santer dikabarkan akan bergabung dengan Honda. Juara dunia MotoGP 2020 itu digadang-gadang menggeser posisi Pol Espargaro yang gagal menampilkan performa terbaik dengan motor RC213V.

Sejauh ini Espargaro memang belum maksimal bersama Repsol Honda. Dari 6 seri awal MotoGP 2022, capaian terbaik Espargaro adalah podium tiga di MotoGP Qatar.

Saat disinggung bakal punya rekan seperti Marc Marquez, Joan Mir tidak takut bergabung dengan Honda.

RC213V adalah motor yang sangat berbeda dengan Suzuki GSX-RR, sehingga dirasa periode penyesuaian akan diperlukan. Apalagi pengembangan motor Honda dinilai hanya cocok buat The Baby Aliens.

"Tentu saja saya berani. Saya yakin dia (Marc Marquez) mungkin yang terbaik dalam sejarah, tapi menjadi partner-nya tidak akan mengintimidasi saya. aku yakin itu," kata Joan Mir dikutip dari Mundo Deportivo, Rabu (11/5/2022).

Rumor pengunduran diri Suzuki dari MotoGP jelas akan mempengaruhi masa depan Joan Mir. Dia mau tak mau harus mencari tim lain untuk musim 2023. Joan Mir saat ini berada di urutan enam dengan 56 poin.

Paco Sanchez, manajer Mir, sedang menegosiasikan pembaruan kliennya dalam beberapa minggu terakhir. Dia juga terkejut mengetahui bahwa Suzuki bakal mundur dari MotoGP pada akhir 2022.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)