Sayang Banget, Ini yang Bikin Mario Aji Finis Ke-16 meski Start Baris Terdepan

Tim detikcom - detikOto
Senin, 25 Apr 2022 10:41 WIB
Pembalap Indonesia Mario Suryo Aji (tengah) yang tergabung dalam Honda Team Asia berfoto dengan para kru timnya usai sesi kualifikasi Moto3 seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Mario berhasil meraih posisi ketiga pada kualifikasi tersebut dan berhak start dari grid terdepan pada balapan hari Minggu, 20 Maret 2022. ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Pebalap Indonesia, Mario Suryo Aji, di balapan Moto3. Foto: ANTARA/ANDIKA WAHYU
Jakarta -

Pebalap kebanggaan Indonesia, Mario Suryo Aji, harus puas finis di urutan ke-16. Padahal, saat sesi kualifikasi Mario Aji menunjukkan performa gemilang hingga merebut posisi start terdepan.

Aji memulai balap dengan sangat baik dari posisi dua. Terbukti selepas lampu merah padam, pebalap Honda Team Asia ini masih mampu mempertahankan posisinya.

Sayangnya, pada lap kedua posisi Mario Aji mulai melorot hingga barisan tengah. Mario Aji beberapa kali disalip lewat slipstream di trek lurus. Namun Aji bukan tanpa perlawanan, berkali-kali ia tampak mempertahankan posisinya.

Di lap keempat Mario makin tak dapat mempertahankan posisinya. Ia melorot hingga posisi ke-11. Di lap ketujuh, Mario Aji ngotot mempertahankan posisi yang hendak direbut Andrea Migno.

Memasuki pertengahan balap, sementara barisan terdepan tengah panas untuk mengejar posisi podium, Mario Aji harus kendor hingga posisi 16.

Namun di lap ke-17, Aji sempat masuk ke posisi 15 setelah Daniel Holgado crash. Kesempatan Aji untuk membawa pulang satu poin dari Portugal terbuka lebar.

Sayang di lap terakhir, Aji harus mengalah dari Stefano Nepa yang melewatinya di sektor terakhir Sirkuti Algarve. Akhirnya bendera finis berkibar, pebalap berusia 18 tahun ini harus puas finis di urutan ke-16.

Mario Aji mengaku ini merupakan balapan yang sulit. Namun, ada banyak hal positif yang bisa diraihnya. Dia mengaku kendur lantaran ban motornya yang nge-drop. Itu karena Mario Aji terlalu nge-push diawal.

"Mungkin posisi akhir tidak mencerminkannya, tapi saya senang dengan pekerjaan kami. Di awal balapan, saya tetap berada di grup depan; ini pertama kalinya saya bertarung dengan mereka. Tapi di bagian kedua balapan, ban belakang sangat nge-drop karena saya nge-push terlalu keras di tikungan. Saya ulangi saya senang; kami terus bekerja pada kekurangan besar yang perlu kami perbaiki. Kami akan lebih sering berada di depan; kita butuh waktu," ucapnya dalam keterangan tertulis Honda Team Asia.

Ini bukan kali pertama Mario Aji start dari baris terdepan di Moto3. Pada seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu, Mario Aji start dari grid ketiga dan finis ke-14.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)