ADVERTISEMENT

Start dari Posisi Dua, Mario Aji Finis ke-16 di Moto3 Portugal

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 24 Apr 2022 18:33 WIB
Pembalap Indonesia Mario Suryo Aji (tengah) yang tergabung dalam Honda Team Asia berfoto dengan para kru timnya usai sesi kualifikasi Moto3 seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Mario berhasil meraih posisi ketiga pada kualifikasi tersebut dan berhak start dari grid terdepan pada balapan hari Minggu, 20 Maret 2022. ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Pebalap kebanggaan Indonesia, Mario Suryo Aji, tampil perkasa di Moto3 Portugal 2022 yang digelar pada Minggu (24/2/22) di Sirkuit Internasional Algarve (Foto: ANTARA/ANDIKA WAHYU)
Jakarta -

Pebalap kebanggaan Indonesia, Mario Suryo Aji, tampil perkasa di Moto3 Portugal 2022 yang digelar pada Minggu (24/2/22) di Sirkuit Internasional Algarve.

Aji memulai balap dengan sangat baik dari posisi dua. Terbukti selepas lampu merah padam, pebalap Honda Team Asia ini masih mampu mempertahankan posisinya.

Namun pada lap kedua, posisi Aji mulai perlahan-lahan melorot hingga barisan tengah. Sektor awal Sirkuit Algrave menjadi bagian yang paling menantang.

Aji beberapa kali disalip lewat slipstream di trek lurus. Namun Aji bukan tanpa perlawanan, berkali-kali ia tampak mempertahankan posisinya.

Di lap keempat Aji makin tak dapat mempertahankan posisinya. Ia harus puas melorot hingga posisi ke-11. Berselang beberapa lap, tepatnya di lap ketujuh, Aji ngotot mempertahankan posisi yang hendak direbut Andrea Migno.

Memasuki pertengahan balap, sementara barisan terdepan tengah panas untuk mengejar posisi podium, Mario Aji harus kendor hingga posisi 16.

Namun di lap ke-17, Aji sempat masuk ke posisi 15 secara cuma-cuma. Ini karena Daniel Holgado crash di sektor awal. Kesempatan Aji untuk membawa pulang satu poin dari Portugal terbuka lebar.

Sayang di lap terakhir, Aji harus mengalah dari Stefano Nepa yang melewatinya di sektor terakhir Sirkuti Algarve. Akhirnya bendera finis berkibar, pebalap berusia 18 tahun asal Jawa Tengah ini harus puas finis di urutan ke-16.

Mario Aji menunjukkan performa yang progresif di tiap race Moto3. Terlihat dari balapan di Qatar ia finis di urutan ke-19, lalu di Indonesia urutan ke-14. Sementara di dua race terakhir tepatnya di Argentina dan Amerika Serikat, Aji finis di urutan ke-21.

Moto3 Portugal 2022 dimenangkan oleh Sergio Garcia yang sudah menunjukkan performa terbaiknya sejak awal balap. Disusul oleh Jaume Masia dan Ayumi Sasaki.



Simak Video "Ngeri! Kecelakaan Fatal di Moto3 Amerika, Motor Sampai Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT