Siapa Mau? Helm sampai Baju Balap Rider MotoGP di Mandalika Bakal Dilelang

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 30 Mar 2022 15:51 WIB
LOMBOK, INDONESIA - MARCH 20: MotoGP rider Fabio Quartararo #20 of France and Monster Energy Yamaha MotoGP™ waves to the spectators during the MotoGP Grand Prix of Indonesia at Mandalika International Street Circuit on March 20, 2022 in Lombok, Indonesia. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)
Fabio Quartararo saat berlaga di Pertamina Grand Prix of Indonesia (Getty Images/Robertus Pudyanto)
Jakarta -

Barang-barang rider MotoGP usai balapan di Pertamina Grand Prix of Indonesia, Sirkuit Pertamina Mandalika pada 18 - 20 Maret 2022 lalu akan dilelang. Tercatat ada 11 barang pemberian pebalap yang sudah tersimpan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram.

Dikutip Antara, Rabu (30/3/2022) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) disebut akan segera melelang barang-barang pebalap MotoGP.

"Kami sedang merencanakan dengan matang karena itu barang langka, ada baju pebalap MotoGP yang ditandatangani, ada topi, sarung tangan dan helm," kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Nusa Tengara Barat, Sudarmanto.

Dia mengatakan barang milik pebalap MotoGP itu dikumpulkan oleh para petugas dari para penonton yang beruntung pada saat penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Proses penghimpunan dibantu pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Proses lelang akan dilakukan secara nasional. Masyarakat yang berminat bisa mendaftarkan diri di KPKNL Mataram.

Sudarmanto menyatakan pihak KPKNL dibantu oleh tim penaksir dari berbagai asosiasi, seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk menilai barang otomotif dari pebalap.

"Nanti ada harga terendah yang ditetapkan karena barang-barang itu harganya tak terhingga walaupun harga spidolnya Rp 5.000, tapi yang mencoret pebalap terkenal," kata dia.

Well, memang sejumlah pebalap sempat melempar barang-barang usai melakoni balapan di MotoGP Mandalika. Aleix Espargaro misalnya, melempar helm balapnya. Sedangkan Quartararo juga ikut memberikan sarung tangannya kepada para penonton.

Sementara Maverick Vinales sempat menandatangani barang-barang pribadinya mulai dari helm, baju, hingga sepatu balapnya.

Namun Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo menjelaskan di akun twitter-nya bahwa barang yang dilelang bukanlah barang yang diberikan pembalap kepada penonton MotoGP Mandalika. Barang itu diberikan pembalap kepada Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

"Barang yang akan dilelang @DitjenKN adalah merchandise pemberian pembalap ke ITDC, MGPA, dan Kemenkeu untuk tujuan amal, bukan barang-barang dari pembalap yang diberikan ke penonton. Jadi barang yang diterima penonton tetap jadi milik masing-masing dan tidak ada kaitan dengan lelang," katanya.

"Merchandise yang akan dilelang terdiri dari kaos, baju, topi dan sarung tangan. Kaos dan kemeja ditandatangani oleh tiga pebalap yaitu Marc Marquez, Pol Espargaro dan Miguel Oliveira. Marc Marquez juga menyumbangkan topi dan Maverick Vinales menyumbangkan topi serta sarung tangan," sambung Prastowo.



Simak Video "Tak Hanya Indonesia, Seri MotoGP Lain Juga Gandeng Nama Sponsor"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)