ADVERTISEMENT

Bukan Jimat atau Pawang, Ini Cerita Bebek Imut Suzuki yang Muncul di MotoGP Mandalika

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 26 Mar 2022 18:51 WIB
Ahiru bebek karet Suzuki
Bebek karet Suzuki saat mejeng di Sirkuit Pertamina Mandalika Foto: Dok. Twitter Suzukimotogp
Jakarta -

Bebek karet kuning dari tim Suzuki Ecstar sempat mejeng kala Pertamina Grand Prix of Indonesia diguyur hujan. Munculnya bebek karet kuning itu bukan sebagai jimat keberuntungan atau pawang hujan, melainkan maskot Suzuki sebagai hiburan.

Project Leader and Team Director of MotoGP Suzuki Ecstar, Shinichi Sahara, mengatakan kemunculan bebek imut itu hanya sekadar hiburan saja. Tidak ada maksud lain atau dalam arti sebagai jimat keberuntungan atau pawang hujan.

"Tidak.. tidak. Hanya untuk hiburan saja," kata Sahara saat ditemui di Sunter, Jakarta Utara beberapa waktu yang lalu.

Ya, tim balap Suzuki memiliki salah satu maskot, yakni Ahiru, sebuah mainan bebek dari karet yang selalu keluar di kala hujan datang saat balapan. Tak jarang tim balap Suzuki membagikan momen Ahiru melalui jejaring sosial twitter resminya @SuzukimotoGP.

Tidak hanya di MotoGP Mandalika, "Ahiru" memang kerap mejeng saat hujan melanda di seri-seri lain. Bebek karet itu bahkan juga didandani berbagai macam pernak-pernik balap, salah satunya dihias dengan nomor pebalap MotoGP, bahkan lengkap dengan kursi kecil seolah tengah memantau hujan.

Sahara mengatakan bebek atau Ahiru --yang dalam bahasa Jepang, memang selalu disimpan dalam kotak peralatan. Bebek karet itu dibawa keliling dunia dalam perjalanan tiap seri MotoGP.

"Kita sudah bawa bebek itu sejak beberapa tahun yang lalu. Bebek itu selalu dibawa dan berada di kotak peralatan. Kadang bebek itu kita perbarui setiap satu atau dua tahun sekali," cerita Sahara.

"Tidak ada artinya, bebek itu kan memang biasanya ada di air. Jadi tidak ada maksud lain," tambah dia.

Dia menceritakan bebek karet itu justru menjadi daya tarik tersendiri. Sahara bilang gara-gara bebek karet itu sering mejeng di MotoGP banyak ditanya oleh konsumen Suzuki.

"Banyak konsumen yang mengirim pesan ke saya ingin membeli bebek itu, okay tapi saya nggak tahu apakah bebek itu dijual atau tidak," kata Sahara.

Well, dalam balapan di Sirkuit Pertamina Mandalika yang diwarnai kondisi basah, Suzuki memang belum tampil sebagai pemenang. Alex Rins yang start dari posisi 8 mampu memperbaiki peringkat dengan finis di tempat kelima. Joan Mir pun tampil meyakinkan, dia berhasil memperbaiki ke posisi 6. Padahal rider Spanyol ini start dari tempat ke-18.



Simak Video "Aleix Espargaro Lempar Helm ke Fans di Mandalika, Berapa Harganya?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT