ADVERTISEMENT

Masih Ada Keluhan Aspal Mandalika Mengelupas, Tembus Baju Balap Alex Rins

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 26 Mar 2022 10:40 WIB
LOMBOK, INDONESIA - MARCH 19: MotoGP rider Alex Rins #42 of Spain and Team SUZUKI ECSTAR rides during the free practice 3 of the MotoGP Grand Prix of Indonesia at Mandalika International Street Circuit on March 19, 2022 in Lombok, Indonesia. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)
Alex Rins (Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto)
Jakarta -

Beberapa pebalap MotoGP masih menyampaikan keluhan aspal Sirkuit Mandalika yang mengelupas. Bahkan, pebalap Suzuki, Alex Rins mengungkapkan ada serpihan aspal yang tembus baju balapnya.

Masalah aspal di Pertamina Mandalika International Street Circuit sempat dikeluhkan pebalap MotoGP pada sesi tes pramusim Februari lalu. Namun, sirkuit tersebut telah dilapisi aspal ulang sebelum menggelar MotoGP akhir pekan kemarin. Meski begitu, masih ada keluhan dari rider MotoGP terkait aspal di Sirkuit Mandalika.

"Saya tidak tahu (apakah kami bisa balapan di lintasan kering) karena kondisi lintasan sangat, sangat sulit. Di tikungan terakhir, aspal mulai keluar. Bahkan saat basah kami merasakan aspal mengenai tubuh kami dari pebalap di depan. Jadi bayangkan dalam kondisi kering. Untungnya tidak ada yang terluka," kata Alex Rins seperti dikutip Crash.

"Ketika saya melepas baju balap saya setelah balapan, dada saya penuh dengan batu hitam (serpihan aspal). Mereka perlu memperbaikinya, karena itu agak berbahaya... Mari kita lihat. Mereka mengatakan bahwa mereka akan melapisi ulang aspal (untuk tahun depan). Semua sirkuit," ujarnya.

sebagai pebalap MotoGP Alex Rins menggunakan baju balap berbahan kulit yang tebal ditambah pelindung dada. Kok bisa serpihan aspal tembus ke dadanya?

"Ketika (Johann) Zarco dan Fabio (Quartararo) menyalip saya, saya melihat mereka memiliki lebih banyak traksi. Tempat kelima di Grand Prix di mana kami menderita adalah hasil yang positif. Batu keluar dari aspal di tikungan terakhir. Saya mendapat batu-batu kecil di balik setelan (baju balap) kulit saya," ucap Rins dikutip Speedweek.

Keluhan serupa disampaikan rekan setim Rins, Joan Mir. Juara Dunia MotoGP 2020 itu menyebut masalah dengan aspal lebih banyak terjadi saat kondisi lintasan kering.

"Tetapi bahkan dalam kondisi hujan Anda mulai melihat beberapa lubang di akhir lap, tikungan terakhir. Bayangkan di medan kering. Itu akan sangat sulit... Ini akan mejadi tantangan untuk menyelesaikan balapan," ucap Mir.

"Pelapisan ulang (aspal untuk tahun depan) sangat penting," sambungnya.



Simak Video "Aleix Espargaro Lempar Helm ke Fans di Mandalika, Berapa Harganya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT