ADVERTISEMENT

Segini Rekor Kecepatan Tertinggi di Sirkuit Pertamina Mandalika

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 13 Feb 2022 15:04 WIB
Hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalia sudah selesai. Luca Marini keluar sebagai pebalap tercepat dengan torehan waktu 1 menit 31,289 detik.
Segini rekor kecepatan tertinggi di Sirkuit Pertamina Mandalika. Foto: ANTARA/ANDIKA WAHYU
Jakarta -

Pertamina Mandalika International Street Circuit telah digunakan untuk balapan World Superbike (SBK) November 2021 lalu dan tes pramusim MotoGP pada akhir pekan ini.

Selama dua jenis motor balap kebut-kebutan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, rekor kecepatan tertinggi terpecahkan di sirkuit yang baru dibangun di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu.

Sebagai gambaran, Pertamina Mandalika International Street Circuit punya lintasan sepanjang 4,3 km. Sirkuit dengan total 17 tikungan itu punya trek terpanjang hanya 507 meter.

Meski lintasan lurusnya tak sepanjang sirkuit lain yang memiliki rekor kecepatan tertinggi, para pebalap MotoGP mampu memacu motornya hingga lebih dari 300 km/jam di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Dari catatan MotoGP setelah hari pertama dan hari kedua tes pramusim di Pertamina Mandalika International Street Circuit, rekor kecepatan tertinggi di sirkuit ini dipegang oleh Johann Zarco dan Enea Bastianini. Jangan heran, kedua pebalap itu sama-sama menunggangi motor Ducati. Di ajang MotoGP, motor Ducati terkenal dengan top speed atau kecepatan puncak yang tinggi.

Adapun rekor kecepatan itu adalah 314,8 km/jam. Kecepatan setinggi itu diraih oleh Zarco pada putaran ke-84 hari pertama tes pramusim. Bastianini juga mencatat kecepatan yang sama 314,8 km/jam pada lap ke-12 hari kedua tes pramusim.

Ini jauh lebih tinggi ketimbang rekor kecepatan di sirkuit yang sama yang dicatat World SBK. Saat itu, rekor kecepatan World SBK di Pertamina Mandalika International Street Circuit dipegang oleh Alvaro Bautista. Motor Honda CBR1000RR-R tungangannya mencatatkan kecepatan tertinggi 290,3 km/jam pada Race 2 World SBK Indonesia pada 21 November 2021 lalu.

Sementara itu, MotoGP juga mencatat rekor lap tercepat di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Pebalap Mooney VR46 Racing Team, Luca Marini, menjadi yang tercepat di hari kedua tes pramusim Mandalika. Adik dari Valentino Rossi itu mencatat lap tercepat 1 menit 31,289 detik.

Hari ini, lap tercepat di Pertamina Mandalika International Street Circuit kembali terpecahkan. Pebalap Repsol Honda, Pol Espargaro, mencatatkan waktu putaran tercepat 1 menit 31,060 detik, Minggu (13/2/2022).



Simak Video "Aspal Mandalika Dikeluhkan Pembalap, Bos Dorna Ungkap Ada Kesalahan Desain"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT