ADVERTISEMENT

Alex Rins Pamer Suzuki GSX-RR di Sirkuit Mandalika, Yuk Lihat Spesifikasinya

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 11 Feb 2022 09:07 WIB
Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, pamer GSX-RR di Sirkuit Mandalika
Foto: Instagram @alexrins. Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, pamer GSX-RR di Sirkuit Mandalika.
Jakarta -

Alex Rins menjadi salah satu pebalap yang sering mengunggah momen-momen menarik selama berada di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pebalap Team Suzuki Ecstar itu memamerkan Suzuki GSX-RR 2022 di Sirkuit Mandalika.

Seperti dilihat dalam unggahan instastory di akun Instagram pribadi @alexrins (11/2/2022), pebalap asal Spanyol itu menunjukkan dua unit Suzuki GSX-RR 2022 bernomor 42 sedang dipanaskan mesinnya oleh sang mekanik.

"Countdown," tulis Alex Rins dalam caption yang menyertakan video instastory itu.

Alex Rins juga menjadi pebalap MotoGP pertama yang menjajal aspal Pertamina Mandalika Street Circuit setelah lampu hijau menyala dalam sesi tes pramusim, Jumat (11/2/2022) pagi.

Bicara spesifikasi Suzuki GSX-RR 2022, motor MotoGP yang pernah mengantarkan Joan Mir juara dunia di tahun 2020 itu dibekali mesin kapasitas 1.000 cc, berpendingin cairan, 4-tak, inline 4 silinder, DOHC, dengan output tenaga 176 kW (236 dk) dan transmisi manual 6-percepatan (seamless system).

Menariknya dengan tenaga sebuas itu, bobot motor ini hanya 157 kg. Tak ayal motor ini mampu melaju dalam kecepatan maksimum hingga 340 km/jam di lintasan sirkuit.

Motor ini sudah menggunakan rem cakram bermaterial karbon, suspensi depan dan belakang Ohlins. Adapun sasisnya memakai model twinspar aluminium.

Suzuki akan berusaha sekuat mungkin untuk merebut gelar juara dunia yang lepas musim lalu. Oleh sebab itu, sejumlah ubahan dilakukan pada GSX-RR model 2022.

Ken Kawauchi, Manajer Teknis Tim Suzuki Ecstar, mengatakan mesin GSX-RR 2021 cukup seimbang dan kompetitif, tetapi Suzuki perlu mengambil langkah besar pada tahun 2022 untuk mencapai target tim. Kawauchi ingin motor Suzuki bisa lebih sering naik podium seperti di musim MotoGP 2020 lalu.

"GSX-RR 2022 memiliki basis yang mirip dengan motor tahun lalu, tetapi dengan beberapa pembaruan penting, terutama di bidang performa mesin. Kami ingin mempertahankan keunggulan motor kami, yang selalu kuat dan stabil dalam menikung, sambil meningkatkan distribusi tenaganya. Dengan bantuan para insinyur di Jepang dan Eropa, kami merasa telah mencapai ini, jadi sekarang saatnya untuk mengujinya di trek dengan pebalap kami," terangnya.

Tes pramusim di Sirkuit Mandalika akan digelar selama tiga hari ke depan, yakni mulai Jumat (11/2), Sabtu (12/2), dan Minggu (13/2). Sirkuit Mandalika bakal menggelar seri MotoGP pertamanya pada 18-20 Maret 2022 nanti.

(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT