Gantikan Petronas SRT, WithU Yamaha RNF Resmi Diperkenalkan

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 25 Jan 2022 11:15 WIB
WithU Yamaha RNF resmi diperkenalkan
Foto: Yamaha. WithU Yamaha RNF resmi diperkenalkan.
Jakarta -

WithU Yamaha RNF resmi diperkenalkan sebagai tim satelit MotoGP baru Yamaha. WithU Yamaha RNF menggantikan posisi Petronas SRT yang sebelumnya menjadi sponsor utama tim satelit MotoGP Yamaha.

Sama seperti Petronas SRT, WithU Yamaha RNF juga akan mengombinasikan pebalap muda dan senior. Jika musim lalu Petronas SRT mengandalkan Franco Morbidelli dan Valentino Rossi, musim ini WithU Yamaha RNF mengandalkan pebalap senior Andrea Dovizioso dan rookie Darryn Binder.

Menariknya lagi, WithU Yamaha RNF tetap diarsiteki oleh tokoh olahraga otomotif asal Malaysia, Razlan Razali. Sebelumnya Razlan Razali menjadi manajer Petronas SRT Yamaha dan cukup sukses dengan para pebalap mudanya seperti Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo.

WithU Yamaha RNF resmi diperkenalkanWithU Yamaha RNF resmi diperkenalkan Foto: Yamaha

Tak hanya Razlan Razali, mantan tokoh kunci Petronas SRT lain seperti manajer tim Wilco Zeelenberg serta kepala kru Ramon Forcada juga dipertahankan. Dikutip dari Crash, Razali menganggarkan 11-13 juta euro untuk mempertahankan prestasi tingkat tinggi seperti di Petronas SRT.

Terkait pilihan pebalap yang dinilai kurang memuaskan oleh sejumlah pihak, Razali tetap optimis bahwa dua pebalap pilihannya bisa menampilkan performa sesuai ekspektasinya.

"Beberapa penggemar yang skeptis akan menilai bahwa Dovizioso akan menjalani musim-musim (yang buruk) seperti (dialami) Valentino (Rossi)," ungkap Razali.

WithU Yamaha RNF resmi diperkenalkanWithU Yamaha RNF resmi diperkenalkan Foto: Yamaha

"Tapi Dovi telah melakukan banyak hal bersama Ducati, tiga kali menjadi wakil juara. Dia bersama Tech3 di Yamaha sebelumnya, dan yang terpenting dia menjalani lima balapan tahun (2021) lalu (bersama Petronas SRT," sambung Razali.

Darryn Binder juga tak kalah jadi sorotan karena ia merupakan pebalap yang langsung loncat dari Moto3 ke MotoGP tanpa mengarungi kompetisi Moto2. Pebalap berusia 24 tahun itu sudah berlaga di Moto3 selama 7 musim dan prestasi terbaiknya adalah peringkat 7 di musim Moto3 2021 kala membela Petronas Sprinta Racing.

"Apa yang kami lihat dengan Darryn selama satu tahun dia bersama kami (di SRT) adalah sikap yang sangat baik, sangat disiplin, orang yang baik. Oke, menjadi orang baik tidak membuat Anda menang, tetapi dengan fisiknya yang terlalu besar untuk motor Moto3 dan Moto3 Honda, memiliki kelemahan tenaga dibandingkan dengan KTM. Itu sangat jelas," kata Razali tentang Binder.

WithU Yamaha RNF resmi diperkenalkanWithU Yamaha RNF resmi diperkenalkan Foto: Yamaha

"Jadi dia memiliki kelemahan itu. Tapi cara dia berjuang di setiap balapan, dalam 1-2 lap dia sudah berada di grup depan. Dia menyalip di dalam, di luar. Sial baginya menabrak Dennis Foggia (di Portimao)," sambungnya.

"Tapi cara dia membalap tahun lalu kami pikir jika orang ini diberi kesempatan dengan motor yang lebih besar, paket seperti Yamaha, dia bisa melakukan sesuatu yang ajaib. Jadi itulah potensi yang kami lihat dalam dirinya," tukas Razali.

Tonton juga Video: Motor Baru Yamaha Ini Bakal Diburu Kolektor, Harganya Rp 44,1 Juta

[Gambas:Video 20detik]



(lua/din)