Tes Motor di Portimao, Marquez Siap Ikuti Pramusim MotoGP di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 17 Jan 2022 11:16 WIB
ALCANIZ, SPAIN - SEPTEMBER 11: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team starts from box during the MotoGP of Aragon - Qualifying  at Motorland Aragon Circuit on September 11, 2021 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Marc Marquez akhirnya kembali ke lintasan balap setelah lama dibekap cedera. Pada akhir pekan lalu, Marc Marquez mengikuti ajang trackday di Sirkuit Portimao, Portugal, dengan membesut RC213V-S. Hasilnya, Marquez mengaku sudah baikan dan siap ikut tes pramusim MotoGP.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, perlahan mulai pulih dari cedera yang dideritanya. Seperti diketahui, pebalap asal Spanyol itu mengalami diplopia atau gangguan saraf pada mata, di mana penderitanya akan melihat dua gambar dari satu objek yang berdekatan.

Marquez mengalami diplopia usai terjatuh saat latihan menggunakan motocross pada awal November 2021 lalu. Padahal pebalap berjuluk baby alien itu sejatinya baru saja pulih dari cedera lengan yang membuatnya absen sepanjang MotoGP 2020 lalu.

Dua bulan pasca-cedera penglihatan itu, Marquez pun memberanikan diri turun ke lintasan dalam trackday di Sirkuit Portimao, Portugal, pada akhir pekan lalu. Marquez ingin memeriksa bagaimana saraf yang cedera di mata kanannya bereaksi terhadap kecepatan motor MotoGP.

"Saat ini, saya ingin mengikuti saran dari dokter, dan selanjutnya dia ingin melihat saya sendirian di sirkuit GP, dengan banyak lap, untuk melihat apakah ketika saya lelah, saya mengalami masalah (mata) atau tidak. Saya ingin mengevaluasi semua hal ini, agar saya bisa mengikuti tes Malaysia," katanya dikutip dari The Race, Senin (17/1/2022).

"Sejak saya cedera, tujuan saya adalah berada di tes (pramusim) pertama atau balapan pertama, dan sekarang sepertinya kami sedang dalam perjalanan. Tapi pertama-tama kita harus mencoba di sirkuit GP dengan kecepatan tinggi," sambungnya.

Dengan adanya kabar tersebut, tentu peluang Marquez untuk mengikuti tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, semakin besar. Marquez sendiri telah melewatkan tes pramusim pertama MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Setelah Spanyol, tes pramusim MotoGP 2022 secara berturut-turut akan dilakukan di Malaysia (Sirkuit Sepang), Indonesia (Sirkuit Mandalika), dan juga Portugal (Sirkuit Algarve Portimao). Semua tes pramusim tersebut akan diselenggarakan bulan Februari.



(lua/rgr)