ADVERTISEMENT

Honda Mati-matian Cari Pebalap Top, Joan Mir atau Quartararo?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 05 Jan 2022 12:53 WIB
Repsol Honda resmi meluncurkan motor barunya untuk MotoGP 2021. Dua pebalapnya Marc Marquez dan Pol Espargaro hadir dalam peluncuran tersebut.
Repsol Honda tengah berburu pebalap top Foto: Istimewa/Repsol Honda Team
Jakarta -

Pengamat gaek MotoGP, Carlo Pernat mengatakan Honda Repsol tengah berburu calon pebalap baru untuk musim 2023. Menurutnya Joan Mir lebih berpeluang direkrut daripada Quartararo, karena bayarannya lebih murah.

Honda Repsol memang tengah santer dikabarkan mengincar Fabio Quartararo dan Joan Mir. Pabrikan asal Jepang itu perlu mendapatkan rider top yang menemani Marquez.

Ya, Honda perlu mengantisipasi jika Marquez belum berada di performa terbaiknya. Mengingat kondisi Marquez yang saat ini tengah memulihkan diri dari diplopia (gangguan penglihatan mata).

Ada dua nama yang muncul, yakni Joan Mir dan Fabio Quartararo. Keduanya merupakan juara dunia MotoGP yang kontraknya akan habis di akhir musim 2022.

Pernat menilai Honda lebih berpeluang menggaet Joan Mir. Sebab, Quartararo sudah blak-blakan ingin digaji tinggi sebesar 20 juta euro, membuat Honda pikir-pikir lagi.

"Honda sedang mencoba mati-matian untuk merekrut seorang pebalap pemenang dan itu adalah hal yang tepat dilakukan," ucap Pernat kepada GPOne, dikutip Rabu (5/1/2021).

"Ada dua nama: Quartararo dan Mir, tapi sepertinya Mir lebih memungkinkan pindah ke sana karena bayaran dia lebih rendah dan dia adalah rider yang tepat," sambung dia.

Carlo Pernat yang pernah menemukan pebalap top seperti Valentino Rossi dan Loris Capirossi ini bilang perekrutan itu disinyalir sudah dimulai Honda.

"Perekrutannya akan cepat, saya percaya bahwa di awal musim kejuaraan, operasi itu mungkin sudah tuntas, atau mungkin hampir tuntas," kata Pernat.

Lanjut dia, Honda tidak bisa hanya mengandalkan Marc Marquez. Pabrikan asal Jepang itu harus punya rencana yang matang.

Saat ini Honda masih dibuat cemas dengan kondisi Marc Marquez sekalipun mulai membaik.

Pernat meyakini Marquez akan absen di tes MotoGP Sepang dan MotoGP Mandalika, sebelum seri pertama MotoGP 2022 dimulai di Qatar.

""Anda tidak tahu apa-apa tentang waktu pemulihan, apakah itu berminggu-minggu atau berbulan-bulan," kata Pernat, mengacu pada gangguan penglihatan juara dunia delapan kali itu.

"Jika tidak ada yang dikatakan, itu berarti tidak ada kabar baik. Saya mengatakan bahwa Marquez akan absen dari tes pada bulan Februari," pungkasnya.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT