Gagal Gaet Juragan Minyak dari Arab, Tim Balap Rossi Resmi Disponsori Mooney

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 04 Jan 2022 14:22 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 11:  Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT poses near murals in paddock during the MotoGP of Comunitat Valenciana: Previews at Ricardo Tormo Circuit on November 11, 2021 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Teka-teki siapa sponsor utama tim balap Valentino Rossi akhirnya terkuak. Jika sebelumnya perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco, santer dikabarkan menjadi 'pendonor' utama VR46 Racing, maka kini yang dipastikan menjadi sponsor utama tim Rossi adalah Mooney.

Valentino Rossi bakal kembali ke arena MotoGP 2022, tapi bukan sebagai pebalap, melainkan pemilik tim balap. Menjelang detik-detik dimulainya gelaran MotoGP 2022, VR46 Racing mendapatkan sponsor dari Mooney, sebuah perusahaan perbankan asal Italia.

Tim balap Rossi resmi dinamakan Mooney VR46 Racing Team. Tim baru ini akan menggunakan motor Ducati dan dua pebalap, yakni Luca Marini dan Marco Bezzecchi. Sementara di kelas Moto2, pebalap Mooney VR46 Racing Team diwakili oleh Celestino Vietti Ramus dan Niccolo Antonelli.

Sebelumnya pada 2021 lalu santer dikabarkan perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco, akan menjalin kerja sama sponsorship dengan tim balap Valentino Rossi. Namun kesepakatan itu tak kunjung terwujud. Sebagai penggantinya, Mooney menjadi sponsor utama, yang mereknya akan melekat di livery motor, racing suit, dan materi pemasaran lainnya.

"Saya senang musim mendatang ada sebuah perusahaan Italia seperti Mooney di pihak kami. Pemimpin di bidang finance dan dengan kami berbagi strategi mengembangkan talenta muda Italia bersama dengan penelitian untuk peningkatan kinerja yang konstan," ujar Valentino Rossi.

"Mooney, selain menjadi sponsor nama tim kami di Kejuaraan Dunia MotoGP dan Moto2, juga akan bergabung dengan kami di VR46 Riders Academy dan di musim balap roda empat pertama saya," tambahnya.

"Menghubungkan Mooney dengan merek bergengsi seperti VR46 Racing Team adalah niat nyata perusahaan kami yang menegaskan diri sebagai protagonis (pemain utama) di bidang pembayaran dan layanan mobilitas. Kecepatan, keamanan, inovasi, dan kemampuan beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan yang terus berkembang adalah nilai-nilai yang dimiliki Mooney dan VR46 Racing Team, yang membawa keunggulan, bakat, dan teknologi Italia ke seluruh dunia dalam beberapa konteks olahraga paling kompetitif," ujar CEO Mooney, Emilio Petrone.

(lua/rgr)