Jago-jago Sayang Ortu, Quartararo Kasih 2 BMW Hadiah ke Ayah-Ibunya

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 28 Des 2021 10:39 WIB
Fabio Quartararo Dapat Hadiah BMW M5 CS
Fabio Quartararo dapat hadiah mobil BMW M5 CS Foto: Dok. BMW
Jakarta -

Fabio Quartararo sudah memenangi BMW M Award dua kali. Tapi siapa sangka, mobil-mobil itu malah nggak dipakai juara dunia MotoGP 2021 ini.

Seperti diketahui Quartararo memenangi BMW M2 CS musim lalu. Setahun berselang, pebalap berjuluk El Diablo ini mendapatkan BMW M5. Ternyata mobil BMW gratisan itu diberikan Quartararo kepada orang tuanya.

"Aku berikan kepada ayahku tahun lalu, tahun ini untuk ibuku," kata Quartararo seperti dikutip dari Gazzetta, Selasa (28/12/2021).

BMW M Awards merupakan hadiah bagi pebalap yang paling banyak memenangkan pole kualifikasi. Musim ini, Quartararo mengamankan pole position lima kali. Secara total, ia mengumpulkan 318 poin di klasemen BMW M Award dan mengakhiri musim dengan unggul 15 poin dari rival terdekatnya.

Untuk diketahui, BMW M5 CS adalah model top-of-the-range, performa tinggi baru dari BMW M. Mobil ini ditenagai mesin V8 4.4 liter yang menghasilkan 635 daya kuda. BMW M5 CS berlari dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,0 detik, dan dari 0 hingga 200 km/jam dalam 10,3 detik. Kecepatan tertinggi adalah 305 km/jam yang diatur secara elektronik.

Sedangkan BMW M2 CS dibekali mesin 6 silinder segaris dengan teknologi M TwinPower Turbo. Mesin berkapasitas 3.0 liter itu mampu menghasilkan tenaga hingga 450 daya kuda dengan torsi maksimal 550 Nm. Performa ini dibawa ke jalan raya dengan transmisi kopling ganda 7-percepatan M (M DCT) dan suspensi Adaptive M.

Quartararo punya pilihan mobil sendiri untuk mengapresiasi dirinya.

"Sebuah mobil dari Italia, 4x4. Gampang buat menebaknya," kata Quartararo yang merujuk pada Lamborghini Urus.

Bicara soal spesifikasi, Lamborghini Urus dipersenjatai mesin 4.0 liter twin-turbo V8, dipadu dengan transmisi otomatis delapan percepatan otomatis. Mampu menyemburkan tenaga 650 hp.

Banteng anyar dari Italia ini berjantung khas Lamborghini ini diklaim menjadi mobil tangguh namun tercepat di kelasnya. Di atas kertas sanggup berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam 3,6 detik dengan kecepatan maksimum 305 km per jam.

Sebagai mobil SUV yang terkenal mampu melahap segala medan. Urus memiliki 6 mode berkendara, yang bisa dipilih di konsol. Yakni mode STRADA, SPORT dan CORSA, serta tambahan mode NEVE (salju). Sebagai pilihan, ada juga mode TERRA (off-road) dan SABBIA (pasir).

Lamborghini di Eropa mulai menjual mobil seharga 171.429 euro atau Rp 2,7 miliar. Di kawasan Asia seperti Jepang mobil dijual seharga Rp 3 miliar. Untuk di Indonesia sendiri diperkirakan harga jualnya Rp 8,5 miliar (off the road).



Simak Video "Saat Pebalap MotoGP Quartararo Belanja Kartu Perdana di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)