Belum Pernah Podium, Rossi: Luca Marini Tampil Beda Musim Depan

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 09 Des 2021 08:30 WIB
Jelang pertemuan Valentino Rossi dan Luca Marini di MotoGP 2021.
Luca Marini dan Valentino Rossi Foto: Youtube: Dainese
Jakarta -

Valentino Rossi menuturkan adiknya, Luca Marini bakal tampil moncer di musim MotoGP 2022. Hal ini diungkapkan The Doctor usai menjuarai balapan bersama Luca dalam ajang flat track La 100km del Campioni, Tavullia, Italia.

Luca Marini menjalani musim debutnya bersama Sky VR46 Avintia. Penampilannya sebagai rookie tidak telalu mencolok. Bersama Desmosedici GP-19, Luca Marini hanya bisa finis terbaik posisi 5 di MotoGP Austria.

Adik Valentino Rossi itu pun finis klasemen akhir di belakang sang kakak. Luca Marini menyelesaikan balapan dengan mengumpulkan 41 poin di peringkat ke-19.

Penampilan perdananya ini dinilai belum memuaskan. Sementara rekan setimnya, Enea Bastianini bisa dua kali masuk podium. Luca Marini jadi satu-satunya pebalap Ducati yang tidak pernah naik podium di musim MotoGP 2021.

"Pada awalnya, dia memiliki lebih banyak masalah dari yang dikira," jelas Valentino Rossi seperti dikutip dari Corsedimoto, Rabu (8/12/2021).

"Dari sudut pandang saya, mereka tidak mengikuti jalur yang benar mengenai motor dan posisi berkendara. Tetapi hal ini lumrah terjadi, karena tidak mudah di musim perdana sebagai rookie. Dia (Luca Marini) masih harus berkembang di balapan, terutama di awal dan di lap pertama dia harus berusaha lebih agresif," terang Rossi.

VR46 Racing Team akan mulai menjajal MotoGP tahun depan. Kesepakatan dengan Ducati sebagai pemasok mesin motor sudah terjalin, setidaknya hingga 2024.

Mengenai line-up pebalap, satu slot yang sudah dipastikan menjadi milik adik Rossi, Luca Marini. Dia bakal didukung motor dan tim dari pabrikan Ducati.

Rossi yakin dengan dukungan tim dan motor Desmosedici GP teranyar bisa mendongkrak penampilan Luca Marini.

"Menurut saya, tahun depan kita akan melihat Luca lain yang bisa bertarung memperebutkan posisi penting," tutur Rossi.

Di sisi lain, Rossi mengakui tidak mudah mempelajari ergonomi terbaik untuk pilot dengan tinggi 184 cm.

"Tapi ketika saya melihat di mana saya memulai dan di mana saya sekarang, maka saya puas. Saya telah meningkat sebagai pilot dan sebagai pribadi. Pada akhirnya itu adalah musim yang positif dari sudut pandang saya. Saya tahu akan sulit untuk membidik tinggi. Jadi saya mencoba untuk mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin, selalu menyelesaikan balapan, pergi jauh-jauh, memahami dan belajar," pesan dia.



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)