ADVERTISEMENT

Nyesek Banget! Sesal Pol Espargaro Tolak Peluang Emas Suzuki, Kena PHP Yamaha

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 07 Des 2021 19:40 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 28:  Pol Espargaro of Spain and Repsol Honda Honda prepares to start during the MotoGP race during the MotoGP of Qatar - Race at Losail Circuit on March 28, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Pol Espargaro Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Pol Espargaro sesulit apapun sekarang telah belajar dari masa lalu. Sebelum bergabung dengan Honda, KTM, rider Spanyol ini merasa sangat menyesal telah menolak ajakan tim Suzuki.

Espargaro tampil perdana di MotoGP bersama Yamaha tech 3. Tapi hubungan dengan pabrikan berlambang garpu tala itu tak awet. Pol Espargaro memulai debutnya pada 2014 dan berpisah pada akhir musim 2016.

Pol Espargaro merupakan juara Moto3 2013 yang naik kelas ke MotoGP bersama Yamaha. Hasil terbaik selama berseragam Yamaha ialah finis keempat di Prancis.

"Setelah musim pertama saya di Yamaha. Saya bisa finis di posisi kelima, sangat dekat dengan Dovizioso, pebalap Ducati. Dan pada tahun itu Suzuki kembali ke kejuaraan dunia, dan saya mendapatkan penawaran," kata Pol Espargaro seperti dikutip dari MotoGP, Selasa (7/12/2021).

Saat direkrut Monster Yamaha Tech 3 Pol Espargaro dijanjikan promosi ke Movistar Yamaha di 2015. Rider ini pun mau bertahan dan menolak tawaran Suzuki.

"Saya mendapat janji dari Yamaha dan mereka membicakan, seperti yang Anda bayangkan pensiunnya Rossi. Dan pada saat itu saya berpikir setelah di tahun pertama saya hampir berada posisi teratas, lima besar 'Oke, tunggu mungkin Anda akan masuk ke dalam tim pabrikan'," kenang Espargaro.

Tapi peluang Pol Espargaro dapat promosi ke Movistar Yamaha MotoGP tertutup setelah tim tersebut memutuskan memperpanjang kontrak kedua pebalapnya yakni Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Duo tersebut paling tidak akan bertahan sampai kontraknya habis di 2016.

"Dan kemudian saya melihat Suzuki berkembang dengan sangat cepat. Saat itu saya berkata 'Oke, Anda membuat keputusan yang salah, seharusnya pindah saat punya kesempatan (ke tim pabrikan)'," kata Espargaro.

Pada 2017 Pol Espargaro kemudian hengkang dari Yamaha Tech 3. Dia bergabung tanpa ragu dengan pabrikan KTM yang masih baru di kelas MotoGP.

"Saat Anda masih kuat, harus pindah ke tim pabrikan lain. Dan saya berkata 'Oke, Suzuki itu berbeda dari KTM, dia (Suzuki) sudah pernah ikut MotoGP di masa lalu, tapi KTM baru banget di sini'. Tapi kalau nggak diambil tawaran itu, KTM bisa menang dan podium, saya tidak bisa hidup dengan tenang," kata dia.

Perpindahan Espargaro dari Yamaha ke KTM meskipun sulit pada awalnya. Hasilnya? Pol Espargaro mempersembahkan podium pertama untuk KTM di musim 2018. Dia juga tercatat lima kali podium bersama pabrikan Austria itu pada MotoGP 2020.

Kini Pol Espargaro harus memulai dari nol lagi. Sebab dia melakukan debutnya bersama Honda Racing, jadi rekan setim, Marc Marquez.

Kini saat berseragam pabrikan Honda, dia mengaku kesulitan dengan Honda RC213V. Meski Pol Espargaro pecah telur saat naik podium di MotoGP Emilia Romagna 2021.

"Mungkin bertahan di KTM jauh lebih nyaman. Tapi jika saya memiliki kesempatan ini (gabung ke tim pabrikan Honda) dan pensiun tanpa tidak mengetahui apa yang akan terjadi, saya tidak akan memaafkan diri saya sendiri," ujar Espargaro seperti dikutip GPone, Selasa (7/12/2021).



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT