ADVERTISEMENT

Nah Lho! Rossi Tagih Motor Juara Dunia NSR500 ke Honda

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 27 Nov 2021 12:44 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 11: Carmelo Ezpeleta (R) of Spain and Dorna CEO  and  Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT pose near the 9 bikes with which he won the World Championships in paddock during the MotoGP of Comunitat Valenciana: Previews at Ricardo Tormo Circuit on November 11, 2021 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Deretan motor yang pernah ditunggangi Valentino Rossi Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Valentino Rossi meminta ke Honda untuk menyerahkan padanya motor Honda NSR500, motor yang mengantar The Doctor jadi juara dunia kelas 500cc di awal periode 2000-an.

Saat Rossi menjalani balapan terakhirnya di MotoGP Valencia, motor-motor yang pernah mengantar The Doctor jadi juara dunia dipamerkan di paddock. Rossi mengaku punya sebagian besar tunggangan bersejarah sepanjang kariernya ada dalam koleksi pribadinya di rumah.

Satu-satunya motor yang hilang dari koleksi Rossi adalah Honda NSR500 dimana dia memenangkan gelar pertamanya pada tahun 2001 dan RC211Vs dimana dia memenangkan kejuaraan tahun 2002 dan 2003.

Rossi mengatakan dia akan mendapatkan motor 500cc tahun 2001 dari Honda beberapa tahun yang lalu tetapi tidak pernah tiba dan berharap HRC akan berubah pikiran suatu hari nanti.

"Saya berbicara dengan Alberto dan saya meminta (NSR) 500, juga karena 500 itu adalah 500 saya," kata Rossi seperti dikutip Autosport, Sabtu (27/11/2021).

"Ini adalah motor yang seharusnya diberikan Honda kepada saya dan saya siap untuk mengambilnya, saya sudah memiliki tempat di rumah," imbuh Rossi.

"Tetapi untuk beberapa alasan sepeda tidak pernah tiba. Saya senang jika Honda mengubah pandangannya dan memberi saya ide itu. Yang pasti, motor akan tetap baik, pada suhu yang baik dan memiliki tempat yang bagus di rumah saya," harap Rossi.

Ketika ditanya apakah Honda akan mempertimbangkan permintaan Rossi, Puig tidak memberikan jawaban jelas.

"Yah, itu cerita yang rumit," jawab Puig.

"Jadi saya tidak bisa menjawab, tapi motor ini juga sangat penting bagi kami karena kami memilikinya di museum," tambah dia.

Seperti diketahui hubungan antara Honda dan Rossi sempat memburuk pada tahun 2003 karena ia merasa kontribusinya terhadap kesuksesan HRC tidak mendapat pujian yang cukup. Dia pun pindah ke Yamaha pada musim 2004.

"Honda sangat bangga dengan gelar yang kami dapatkan, dan juga dengan gelar yang didapat Valentino untuk kami bersama," ujar Puig.

"Jadi, saya yakin kami ingin memiliki ini sebagai trofi yang sangat penting di rumah kami untuk menunjukkan kepada penggemar kami bahwa kami mampu memenangkan gelar itu dengan motor itu," jelas dia.

20 May 2001:  Nastro Azzurro Honda rider Valentino Rossi of Italy celebrates with a wheelie after finishing in 3rd place at the 500cc Motorcycle Grand Prix at the Bugatti Circuit in Le Mans, France.  Mandatory Credit: Pascal Rondeau /AllsportValentino Rossi pada musim 2001 saat menunggangi NSR500 Foto: Getty Images/Pascal Rondeau

Perjalanan Karier Rossi

Valentino Rossi resmi pensiun dari MotoGP setelah menjalani 26 musim dan meraih 9 gelar juara dunia. Dari ajang yang membesarkan namanya tersebut, the Doctor sudah mencicipi beragam motor dari Aprilia, Honda, Ducati, dan Yamaha. Tapi ada dua motor yang jadi saksi sejarahnya belum disimpan Rossi, apa modelnya?

Pria kurus kelahiran Urbino 42 tahun silam itu memulai debutnya bersama tim Scuderia AGV Aprilia di kelas 125 cc. Bersama Aprilia RS 125 ini, ia berhasil melakukan debut dengan mengumpulkan 111 poin berakhir di posisi 9 klasemen akhir MotoGP kelas 125 cc pada 1996.

Karier cerah Valentino Rossi semakin terlihat saat ia pindah ke Tim Nastro Azzuro Aprilia pada 1997. Dia meraih gelar pertamanya pada tahun tersebut di kelas 125 cc.

Setelah itu, Rossi berlanjut naik kelas 250 cc. Dia pun berhasil menyabet gelar keduanya pada 1999 bersama motor Aprilia RS250.

DONINGTON, ENGLAND - JULY 13:   Valentino Rossi of Italy and Repsol Honda celebrates winning the Cinzano British Moto GP on July 13, 2003 at Donington Park, England. (Photo by Clive Rose/Getty Images).Valentino Rossi menunggangi RC211-V Foto: Clive Rose

Rossi pun pindah ke tim Honda Racing Corporation pada tahun 2000. Bersama tim Nastro Azzuro Honda, Rossi naik kelas dengan menggunakan Honda NSR500, di musim pertama ia finish di bawah Kenny Roberts Jr. yang menjadi jawara.

Barulah setahun berikutnya, Rossi bisa mendapatkan gelar ketiganya pada tahun 2001 dengan motor 2-tak 500 cc itu. Dia bahkan tampil dominan dengan motor tersebut dengan menjuarai 11 dari 15 seri grand prix.

Rossi pun bergabung 2002 sebagai pebalap Repsol Honda untuk menunggangi RC211V. Saat itu, kelas MotoGP 990cc diperkenalkan untuk menggantikan kelas 500cc. Tren positif terus ia rengkuh bersama Honda, bersama Repsol Honda Team dengan motor RC211V ia kembali menjadi juara dunia lagi untuk edisi 2002 serta 2003.

Tahun-tahun berikutnya Rossi mencerminkan statusnya sebagai legenda MotoGP. Dia pindah ke Yamaha dengan menunggangi YZR-M1. Bersama pabrikan berlambang garpu tala ini mendapat tambahan gelar pada tahun 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Rossi pun pindah ke pabrikan asal kampung halamannya Ducati, ia menunggangi Desmosedici GP 11 dan 12 di saat pebalap muda silih berganti, Rossi hanya bertahan selama 2 musim dan torehan klasemen akhir terbaik di posisi 6.

Dia kemudian pindah ke Yamaha lagi pada musim 2013. Sejak saat itu, Valentino Rossi tak pernah mencicipi gelar juara lagi. Kendati usianya yang tak lagi muda ia berhasil menduduki klasemen akhir di posisi dua pada musim 2014, 2015, dan 2016.



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT