Kado Pensiun untuk Rossi, Yamaha Luncurkan R1 GYTR VR46 Tribute

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 26 Nov 2021 07:34 WIB
Yamaha R1 GYTR VR46
Wujud Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute Foto: Yamaha Motor Europe
Jakarta -

Legenda hidup serta ikon MotoGP, Valentino Rossi resmi pensiun per akhir musim MotoGP 2021. Demi merayakan pensiunnya pebalap asal Italia ini, Yamaha meluncurkan R1 edisi spesial yang bernama Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute.

"Untuk memperingati pencapaiannya yang termasyhur, termasuk sembilan gelar juara dunia di kelas MotoGP, 250cc dan 125cc, 115 kemenangan, dan 235 podium selama 425 balapan dimulai, Yamaha telah membangun R1 yang unik ini, dengan mengenakan livery khusus yang diproduksi oleh Aldo Drudi, desainer helm dan teman Valentino Rossi," tulis Yamaha dalam rilis resmi yang mereka bagikan pada Kamis (25/11/21).

[Gambas:Youtube]

Tentu Yamaha R1 edisi spesial ini mengambil basis dari Yamaha YZF R1 yang diproduksi massal. Namun hadirnya embel-embel GYTR alias Genuine Yamaha Technology Racing, membuat motor ini menjadi makin spesial dan siap dipakai balap.

"R1 GYTR VR46 menampilkan suku cadang spesifikasi GYTR 2022 mendatang dan fitur unik. Semuanya merupakan hasil langsung dari pengembangan WorldSBK Yamaha, yang membantu Yamaha mencapai WorldSBK Triple Crown 2021. Motor ini menjadi R1 dengan spesifikasi tertinggi R1 GYTR yang pernah diproduksi untuk penggunaan track day. Hadiah istimewa yang akan segera dinikmati oleh legenda Tavullia di sirkuit Misano," tulis Yamaha.

Yamaha R1 GYTR VR46 ini menggunakan fairing dari bahan carbon fibre. Selain itu, untuk bagian subframe-nya pun menggunakan bahan full carbon. Bagian lain yang berubah adalah tangkinya. Di R1 edisi spesial ini, Yamaha memasangkan tangki berkapasitas 22 Liter.

Yamaha R1 GYTR VR46Yamaha R1 GYTR VR46 Foto: Yamaha Motor Europe

Spek kaki-kakinya pun harus nurut dan memanjakan The Doctor ketika membawa motor ini turun ke sirkuit. Yamaha memasangkan sok dari pabrikan Ohlins dan lengkap dengan side streering damper-nya. Tentu selain part yang sudah disebutkan tadi, masih banyak part dari GYTR yang ditanamkan oleh Yamaha ke R1 GYTR VR46 Tribute ini.Untuk mengeluarkan seluruh performa dari mesinnya, Yamaha memasangkan ECU REX 140 Marelli berperforma tinggi, lengkap dengan wire harness yang mampu untuk menyeimbangkan tenaga dari ECU spesial tersebut. Selain itu, Yamaha mempercayakan Akrapovic untuk urusan knalpotnya.

Yamaha memberikan R1 GYTR VR46 Tribute ke Valentino Rossi pada ajang One More Lap di EICMA Motor Show 2021. Namun dalam keterangan resminya, Yamaha tidak mencantumkan informasi tentang penjualan motor edisi spesial ini secara umum.



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lua)