Akhirnya! (Helm) Rossi Naik Podium di Balapan Terakhir

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 15 Nov 2021 14:12 WIB
MotoGP rider Francesco Bagnaia of Italy celebrates on the podium after winning the Valencia Motorcycle Grand Prix, the last race of the season, at the Ricardo Tormo circuit in Cheste, near Valencia, Spain, Sunday, Nov. 14, 2021. (AP Photo/Alberto Saiz)
Francesco Bagnaia membawa helm dengan grafis What a Show yang digunakan Rossi pada 2004. Foto: AP/Alberto Saiz.
Jakarta -

Francesco 'Pecco' Bagnaia berhasil menjadi juara MotoGP Valencia 2021, semalam WIB. Balapan yang diselenggarakan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (14/11) malam WIB ini menjadi spesial karena merupakan balapan terakhir yang dijalani sang legenda MotoGP, Valentino Rossi.

Pecco merasa ini menjadi momen yang spesial untuk merayakan balapan terakhir sang guru, Rossi. Selama balapan di Valencia, Bagnaia menggunakan replika helm Rossi.

Dia membawa helm dengan grafis replika Rossi ke podium tertinggi di MotoGP Valencia 2021. Diketahui, selama kariernya Rossi meraih 199 podium. Sampai balapan terakhirnya di Valencia, Rossi gagal meraih podium ke-200. Terakhir ia memijak podium adalah di MotoGP Andalusia tahun lalu. Saat itu, dia finis ketiga di belakang Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

[Gambas:Instagram]



Bagnaia bilang, kemenangan di Valencia sebagai cara terbaik untuk merayakan balapan terakhir Valentino Rossi.

"Ya, itu luar biasa. Satu-satunya cara yang mungkin untuk merayakannya adalah menang dengan helm ini dan bersama Vale (Rossi) di puncak podium membuat saya sangat bahagia," kata Bagnaia dalam sebuah video wawancara seperti dikutip dari laman resmi MotoGP.

"Tahun ini kami telah berkembang dan belajar banyak. Kami sangat kompetitif. Untuk tahun depan saya pikir kami siap memulai musim untuk memperebutkan gelar juara dunia."

"Tapi sekarang satu-satunya hal adalah merayakan Vale dan saya ingin berada di sana bersamanya di garasinya," ucapnya.

Pecco menyebut, Rossi bagi para muridnya di VR46 Academy adalah teman dan dianggap kakak. Rossi banyak membantu para pebalap muda itu setiap saat.

"Juga untuk apa yang telah dia lakukan untuk kami dan apa yang masih dia lakukan untuk kami setiap hari. Itu adalah hal seminimal mungkin yang bisa saya lakukan," ucap Bagnaia.

"Kemarin saya mencoba membantunya di kualifikasi, hari ini dia bersama saya setelah balapan, jadi itu adalah hari yang hebat bagi saya."

Pecco sendiri menggunakan helm dengan helm Suomy dengan grafis What a Show yang digunakan Rossi pada 2004. Selain Pecco, delapan pebalap pebalap VR46 Academy yang berlaga di kelas Moto3, Moto2 dan MotoGP menggunakan helm dengan grafis yang pernah dipakai di helm Rossi. Grafis helm spesial yang pernah dipakai Rossi selama karier di MotoGP dituangkan pada helm-helm pebalap VR46 Academy yang dipakai akhir pekan kemarin.

Adik Rossi, Luca Marini menggunakan grafis helm 5 Continents yang digunakan The Doctor pada 2008. Kemudian Franco Morbidelli memakai grafis helm Peace&Love yang dipakai Rossi pada 1999.

Di kelas Moto2, Celestino Vietti memakai grafis helm Winter Test Sepang 2005. Kemudian grafis helm Marco Bezzecchi adalah Sun Moon yang digunakan Rossi pada musim 2003-2005. Kemudian Stefano Manzi menggunakan helm KYT dengan grafis Sun Moon 1996.

Selanjutnya dari kelas Moto3, pebalap VR46 Academy yang menggunakan grafis helm spesial Rossi adalah Andre Mingo dengan grafis Season 2001, Niccolo Antonelli dengan grafis Lagoon Seca 2005, dan Alberto Surra dengan grafis SoleLuna 2020.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)