Rossi Puas Banget Nggak Finis Paling Belakang di Balapan Terakhirnya

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 15 Nov 2021 17:37 WIB
MotoGP rider Valentino Rossi of Italy waves at the end of the Valencia Motorcycle Grand Prix, the last race of the season, at the Ricardo Tormo circuit in Cheste, near Valencia, Spain, Sunday, Nov. 14, 2021. Rossi will be retiring from MotoGP racing as the season ends in Valencia. (AP Photo/Alberto Saiz)
Valentino Rossi menyelesaikan balapan di posisi 10 pada MotoGP Valencia 2021 Foto: AP/Alberto Saiz
Jakarta -

Valentino Rossi menyelesaikan balapan terakhirnya di MotoGP 2021. The Doctor tak ingin tampil memalukan saat menutup lembaran karirnya. Ada kekhawatiran Rossi saat balapan di laga penutup seri Valencia.

MotoGP 2021 merupakan momen krusial bagi Valentino Rossi. Paruh musim pertama jadi penentu kariernya saat tak lagi bisa bersaing dengan pebalap yang lebih muda.

Peruntungan juara dunia dunia sembilan kali itu belum tokcer setelah pindah dari tim pabrikan Yamaha ke satelit, Petronas SRT. Paruh pertama musim 2021, Rossi belum mencerminkan statusnya sebagai pebalap top, dia bahkan hanya tiga kali mencetak poin dari tujuh balapan pertama.

Selanjutnya Rossi terjatuh di Portimao dan Catalunya. Dua kali juga The Doctor finis di luar zona poin di Doha dan Spanyol. Satu-satunya capaian terbaik Rossi sebelum pensiun, yakni menempati posisi 8 dalam guyuran hujan MotoGP Austria.

"Dengan tulus mereka (tim) memberi saya dukungan yang fantastis karena musim ini panjang dan tidak mudah, karena itu adalah musim yang penting bagi saya untuk memutuskan apakah saya melanjutkan. Tetapi hasilnya tidak datang dan sangat mudah ketika Anda mengatakan 'oke, saya 'akan berhenti' untuk menyerah," kata Rossi seperti dikutip dari Crash, Senin (15/11/2021).

Satu hal yang menjadi kekhawatiran Rossi saat berlaga ialah bagaimana cara menutup karir dengan finis dengan para rider terdepan. Apalagi sirkuit Ricardo Tomo Valencia kurang ramah baginya.

"Saya sedikit khawatir dengan akhir pekan terakhir dalam karir saya, karena Anda selalu memikirkan momen ini untuk waktu yang lama dan Anda tidak tahu bagaimana Anda akan melakukannya," ungkap Rossi.

Rossi menutup kemenangan 10 besar pada MotoGP Valencia. Akhir dari karirnya ini merupakan sebuah kebanggaan. Sebab performanya tak lagi sama, masuk 10 jejeran pebalap terdepan ialah barang mewah baginya.

"Setelah Portugal [MotoGP Algarve], kami berbicara dan saya berkata bahwa di Valencia, kami harus bisa tampil maksimal karena ini adalah balapan terakhir. Saya ingin maksimal karena trek Valencia adalah yang terburuk bagi saya dan saya nggak ingin finis di posisi akhir," tutur Rossi.

"Hasilnya jauh lebih positif dari yang kami harapkan dan dengan hasil finis di posisi 10 besar, saya rasa ini adalah balapan terbaik saya musim ini," sambungnya.

Memang di usianya yang sudah masuk kepala empat, The Doctor harus bersaing dengan rider yang lebih cepat. Peluang Rossi untuk naik podium pun sulit, apalagi untuk mengejar podium ke-200.

Rossi menyentuh garis finis ke-10 di MotoGP Valencia 2021. Dia berjarak 13,468 detik dari muridnya, Francesco Bagnaia, yang menjadi pemenang balapan pamungkas MotoGP 2021. Ini jadi momen spesial yang tak terlupakan bagi The Doctor.

"Artinya saya menutup karir panjang saya dengan sepuluh pebalap teratas di dunia. Ini sangat bagus, penting bagi saya. Itu sangat berarti. Dan saya dapat menggunakan hasil ini untuk waktu yang lama, karena saya dapat mengatakan bahwa dalam balapan terakhir saya, saya finis di sepuluh besar!," tutur Rossi.



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)