Rapor Pebalap Indonesia di Sirkuit Mandalika: Nyaris Naik Podium

ADVERTISEMENT

Rapor Pebalap Indonesia di Sirkuit Mandalika: Nyaris Naik Podium

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 22 Nov 2021 11:30 WIB
Pebalap binaan AHM berlaga di Asia Talent Cup Sirkuit Mandalika
Pebalap binaan AHM berlaga di Asia Talent Cup Sirkuit Mandalika (AHM)
Jakarta -

Sirkuit Mandalika sukses menggelar hajatan balap pertamanya akhir pekan kemarin. Tak hanya diikuti para pebalap dari mancanegara, pebalap Indonesia pun turut meramaikannya. Beberapa pebalap Indonesia turun di ajang Asia Talent Cup (ATC) dan World Supersport (WorldSSP). Seperti apa hasilnya?

Pertama, untuk ajang ATC Mandalika, para pebalap binaan Astra Honda Motor (AHM) berhasil mendominasi posisi 10 besar. Misalnya Herjun Atna Firdaus, mencetak hasil impresif saat kualifikasi yang menempatkannya di posisi start ketiga. Di race day pamungkas, ia berhasil finis di posisi keempat.

Raihan positif Herjun juga terlihat pada balapan pertama dan kedua ATC Mandalika. Berulangkali pebalap muda ini masuk ke posisi lima besar, tapi pada akhirnya Herjun harus puas finis di posisi keenam di kedua seri itu. Pebalap berusia 17 tahun ini berada di posisi ke-12 klasemen akhir ATC 2021 dengan mengemas total poin 33.

Selain Herjun, Fadillah Arbi Aditama, Herlian Dandi, Reykat Yusuf Fadillah, dan Veda Ega Pratama juga berhasil mendominasi posisi 10 besar seri balapan ketiga ATC Mandalika.

Pada kesempatan yang sama, Reykat berhasil menunjukkan performa kompetitif pada balapan perdananya sebagai wildcard di seri akhir ATC 2021. Pada balapan pertama yang dilaksanakan Jumat (19/11), pebalap berusia 13 tahun ini memulai balapan di posisi ke-9 dan berhasil menyodok ke depan hingga menyelesaikan balap di posisi ke-5.

Melihat raihan kompetitif pebalap Astra Honda di ATC 2021 ini, General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya mengapresiasi semangat dan konsistensi mereka untuk membanggakan Tanah Air.

"Perjuangan keenam pebalap Indonesia langsung di depan masyarakat memberikan kebanggaan untuk kita semua. Kami mengapresiasi perjuangan gigih dan hasil positif sepanjang ATC 2021. Hasil ini juga menjadi pembelajaran kami untuk dapat mempersembahkan hasil yang lebih baik lagi di musim depan," ujar Andy dalam keterangan resminya.

Berdasarkan hasil balapan terakhir, berikut urutan klasemen final ATC 2021. Herjun Atna Firdaus di posisi klasemen ke-12 dengan total 33 poin, disusul oleh Herlian Dandi di posisi ke-13diju dengan 29 poin, Reykat Yusuf Fadillah di posisi ke-15 dengan 27 poin, Fadillah Arbi Aditama di posisi ke-16 dengan 18 poin, dan Veda Ega Pratama di posisi ke-17 dengan 15 Poin.

Galang Hendra PratamaGalang Hendra Pratama Foto: Yamaha

Selain di ATC, pebalap Indonesia juga berlaga di ajang WorldSSP atau WSSP yang diwakili Galang Hendra Pratama. Membela tim Ten Kate Racing Yamaha, Galang Hendra belum mampu finis di race pertama WSSP Mandalika. Sempat menembus posisi ke-13 selama balapan berlangsung, Galang berhenti di tengah balapan karena motornya mengalami kendala teknis.

Pada race kedua WSSP Mandalika, Galang Hendra tampil lebih baik. Galang mampu finis di peringkat ke-13 untuk mengklaim 3 poin. WSSP 2021 sendiri telah usai dan Dominique Aegerter keluar sebagai juara umum.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT