Pebalap WSBK Keturunan Indonesia Naik Podium di Mandalika, Motornya Gahar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 22 Nov 2021 09:49 WIB
Michael van der Mark, Pebalap WSBK Keturunan Indonesia Raih Podium di Mandalika
Michael van der Mark, Pebalap WSBK Keturunan Indonesia. Foto: Dok. BMW Group.
Jakarta -

Michael van der Mark pebalap BMW Motorrad WorldSBK Team asal Belanda berhasil meraih podium ketiga di Race 2 balapan World Superbike (SBK) yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Michael van der Mark yang merupakan keturunan Indonesia menunggangi motor gahar dari BMW Motorrad.

Michael van der Mark merupakan pebalap kelahiran Belanda, 26 Oktober 1992. Di Instagramnya, Michael van der Mark pernah mengakui bahwa dirinya adalah keturunan Indonesia. Dia menyebut neneknya berasal dari Ambon.

"Dapat banyak pertanyaan di insta story saya dari beberapa hari yang lalu. Ya, saya memang berdarah Indonesia! Nenek saya dari Ambon, ibu saya 50% orang Indonesia. Makanya saya suka makan makanan Indonesia #selamatmakan #Semoga Tuhan Memberkati Kamu," tulisnya dalam sebuah unggahan di Instagram pada 2017 lalu.

[Gambas:Instagram]

Di balapan World SBK terakhir yang digelar di Mandalika akhir pekan kemarin, Michael van der Mark berhasil finis ketiga di belakang Jonathan Rea dan Scott Redding. Motor gahar BMW M 1000 RR mengantarkannya naik podium ketiga.

Michael van der Mark, Pebalap WSBK Keturunan Indonesia Raih Podium di MandalikaMichael van der Mark, Pebalap WSBK Keturunan Indonesia Raih Podium di Mandalika Foto: Dok. BMW Group

"Saat Race 2 sayangnya ditunda tetapi itu adalah keputusan yang tepat. Saat kami pergi balapan, lintasannya benar-benar basah dan hujan masih ada sedikit. Saya tahu bahwa trek akan memiliki banyak cengkeraman dan 12 lap ini saya pikir sudah cukup lama. Saya memiliki awal yang baik dan putaran pertama yang baik. Itu sangat menyenangkan dan pada titik tertentu saya bertarung dengan Toprak. Kami memiliki beberapa pertempuran yang sangat bagus di trek, itu bolak-balik dan saya sangat menikmatinya. Untuk menyelesaikan musim dengan tempat ketiga luar biasa, selalu menyenangkan untuk menyelesaikan musim di podium dan terutama mengetahui kami sangat bersenang-senang," ujar Michael van der Mark.

Michael van der Mark, Pebalap WSBK Keturunan Indonesia Raih Podium di MandalikaMichael van der Mark, Pebalap WSBK Keturunan Indonesia Raih Podium di Mandalika Foto: Dok. BMW Group

BMW M 1000 RR tunggangan Michael van der Mark merupakan model M perdana dari BMW Motorrad, yang berbasiskan S 1000 RR lansiran 2020. Pengembangan M RR sendiri mengikuti kesuksesan M Series yang telah dimulai sejak akhir 2018 silam.

BMW M 1000 RR merupakan motor sport performa tinggi, dengan balutan layaknya motor balap. Motor ini punya tenaga dan torsi lebih besar dibanding model S 1000 RR.

Berikut spesifikasi BMW M 1000 RR:

  • Mesin: Empat silinder segaris empat katup titanium per silinder dengan BMW ShiftCam 999 cc
  • Tenaga: 205 daya kuda pada 13.000 rpm
  • Torsi: 112,5 Nm pada 11.000 rpm
  • Rasio kompresi: 13,5:1
  • Kopling: Basah dengan multiplate, slipper clutch
  • Girboks: 6 percepatan
  • Traction Control: BMW Motorrad DTC
  • Sasis: Bridge-type frame, cast aluminum
  • Suspensi depan: Upside-down, dengan pengaturan kompresi, rebound dan preload
  • Suspensi belakang: Aluminium swing arm
  • Velg: M Carbon Wheels
  • Ban depan: 120/70 ZR 17
  • Ban belakang: 200/55 ZR 17
  • Rem depan: Twin disc brake, M Brake 4-piston fixed caliper, 5 mm diameter 320 mm
  • Rem belakang: Single disc brake, 2-piston fixed caliper, diameter 220 mm.



Simak Video "Peminat Membludak, Ribuan Tiket WSBK Mandalika Diserbu dalam Tiga Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)