Mission Impossible Rossi di MotoGP Valencia: Raih Podium ke-200

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 13 Nov 2021 16:15 WIB
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 17: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT rounds the bend during the MotoGP Of San Marino - Free Practice at Misano World Circuit on September 17, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi mengincar podium ke-200 pada balapan terakhirnya di MotoGP Valencia (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Valentino Rossi punya satu mimpi besar sebelum pensiun di akhir musim ini: naik podium untuk ke-200 kali. Peluang meraihnya tinggal menyisakan satu balapan lagi di MotoGP Valencia. Tapi sepertinya itu akan jadi misi yang mustahil.

Sepanjang kariernya, Rossi kini sudah mengoleksi 199 podium. Dari jumlah tersebut 89 di antaranya berupa kemenangan, yang mengantar dia meraih 9 gelar juara dunia.

Rossi cuma butuh satu kali naik podium lagi untuk menggenapi capaiannya menjadi 200. Namun itu sulit sekali diraih. Faktanya, The Doctor terakhir dapat podium di MotoGP Andalusia pada awal musim 2020. Kondisinya makin sulit karena penampilan dia bersama tim Petronas Sama tak pernah lagi bagus.

Rossi dalam beberapa kesempatan menyatakan ingin sekali meraih podium sebelum menutup karier balapnya. Mungkinkah dia meraihnya di akhir pekan ini?

Sejumlah pebalap justru mengaku tidak keberatan apabila memberikan pebalap asal Italia tersebut podium di MotoGP Valencia. Salah satunya adalah Francesco Bagnaia.

Pebalap dari tim Ducati tersebut mengungkapkan jika Rossi pasti akan senang apabila meraih podium pada race terakhirnya. Namun, usaha tersebut akan terasa sulit jika melihat performa The Doctor di musim ini.

"Saya pikir dia akan senang, podium tetaplah podium, tetapi itu sulit untuk diwujudkan," kata Bagnaia dikutip Speedweek.

Sementara itu, Fabio Quartararo mengatakan jika dirinya siap melakukan apapun untuk Rossi demi bisa meraih podium pada balapan akhir pekan ini.

"Saya akan melakukannya (memberikan podium) untuk dia, tetapi saya pikir Valentino tidak akan senang jika dirinya mendapat podium ke-200 dengan cara seperti itu," ujar Quartararo.

Joan Mir dan Jack Miller juga memberikan tanggapan soal keinginan Rossi meraih podium. Menurut Mir, pebalap berusia 42 tahun itu bisa saja tampil mengejutkan saat membalap di Sirkuit Ricardo Tormo.

"Mungkin dia akan tampil mengejutkan dan bisa melawan kami, siapa tahu," ungkap Mir.

"Saya rasa dia punya banyak uang. Saya seorang pebisnis, saya selalu membuka peluang negosiasi," seloroh Miller sambil tertawa.



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)