MotoGP 2021 Belum Kelar, Marquez Sudah Ancam Gelar Juara Dunia Quartararo Musim Depan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 28 Okt 2021 12:58 WIB
(from L) Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez competes ahead Monster Energy Yamaha MotoGP French rider Fabio Quartararo, during the French MotoGP, in Le Mans, northwestern France, on May 16, 2021. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
Marc Marquez dan Fabio Quartararo akan bersaing ketat di MotoGP 2022 (AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)
Jakarta -

Fabio Quartarao mungkin masih berpesta atas keberhasilan jadi juara dunia MotoGP 2021. Tapi dia seharusnya tahu kalau tahun depan perjuangan mempertahankan bakal sulit karena Marc Marquez bakal jadi musuh terbesarnya.

Kemenangan back-to-back yang diraih Marquez pekan lalu tertutup oleh hiruk pikuk perayaan juara Fabio Quartararo setelah berhasil mengalahkan Francesco Bagnaia. Padahal, capaian yang diraih oleh Marquez menjadi salah satu pertanda kebangkitannya.

Ini menjadi kemenangan ketiga Marquez di MotoGP 2021. Musim kompetisi yang kalau boleh jujur dia lalui dengan kondisi jauh dari maksimal. Setahun setelah kecelakaan hebat di Spanyol, kondisi Marquez belum mencapai 100%.

Dari tiga kemenangan yang sudah diraih, dua di antaranya didapat secara beruntun yakni di AS dan Emilia Romagna. Kemenangan di MotoGP Emilia Romagna menjadi titik balik bagi Marquez. Sirkuit Misano yang didominasi tikungan kanan dan putaran searah jarum jam sejatinya bukan sirkuit favorit Marquez, tapi ternyata dia bisa menaklukkannya.

"Ini sudah jelas adalah kemenangan terpenting buatku di musim ini. Faktanya aku bisa memaksakan diri di sebuah sirkuit searah jarum jam, kemudian meraih kemenangan dengan dominasi tikungan kanan, sangat jelas itu adalah hal yang sulit buatku," kata Marquez dikutip GP One.

Dua kemenangan beruntun harusnya dibaca sebagai sinyal bahaya oleh para pebalap lain di MotoGP, terutama dalam mempersiapkan musim depan. Tak ada yang bisa menyangkal kalau kini Marquez masuk sebagai kandidat kuat juara dunia musim depan -- untuk bersaing dengan Quartararo dan Francesco Bagnaia.

Lihat saja statistik Marquez musim ini. Dengan tiga kemenangan yang sudah diraih, Marquez adalah pebalap tersukses kedua di belakang Quartararo dalam hal jumlah kemenangan yang diraih. Si rider Yamaha sudah memenangi lima race musim ini.

Marquez mengalahkan Francesco Bagnaia dan Jack Miller yang sama-sama mengoleksi dua kali kemenangan. Duo Ducati itu masih berada di atas Marquez pada klasemen pebalap karena performa yang lebih konsisten.

Dalam empat seri terakhir, Marquez jadi pebalap dengan raihan poin paling banyak. The Baby Alien telah mengoleksi 83 poin dari empat penampilan terakhirnya di MotoGP. Di belakangnya ada Bagnaia dengan 66 poin dan Quartararo yang meraih 62 poin. Sementara juara musim lalu, Joan Mir, hanya mampu meraih 34 poin dari empat seri terakhir.

Saat ini Marc Marquez berada di peringkat keenam klasemen sementara MotoGP 2021 dengan mengoleksi 142 poin. Dirinya hanya berjarak 7 poin dari Jack Miller di posisi kelima dan 10 poin dengan Johann Zarco di peringkat keempat. Bukan tak mungkin, di sisa dua race terakhir Marquez bisa menyusul kedua rider itu di klasemen.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)