Bos Yamaha: Quartararo Akan Menjadi Pesaing Marquez Beberapa Tahun ke Depan

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 27 Okt 2021 10:34 WIB
Rider Yamaha, Fabio Quartararo, sudah mengunci gelar juara dunia MotoGP 2021.
Fabio Quartararo berhasil menjuarai MotoGP 2021. Foto: AP/Antonio Calanni
Jakarta -

Fabio Quartararo berhasil menjuarai MotoGP 2021 sekaligus menuntaskan dahaga Yamaha yang sudah 5 tahun puasa gelar. Quartararo yang tampil sangat impresif musim ini dipercaya akan melanjutkan performa seperti itu pada musim depan. Bos Yamaha bilang bahwa Quartararo akan menjadi pesaing utama Marc Marquez dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP dalam beberapa tahun mendatang.

Seperti diungkapkan Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, Quartararo berhasil membayar kepercayaan yang telah diberikan Yamaha kepada dirinya. Di usia yang masih muda, El Diablo bisa mengatasi tekanan hebat, dengan menunjukkan performa konsisten sepanjang musim balap tahun ini.

"Anda tidak pernah tahu bagaimana karier seorang pebalap bisa berkembang. Dia (Quartararo) masih muda baru berusia 22 tahun. Marc (Marquez) sangat mendominasi selama 10 tahun terakhir dalam kategori yang berbeda dan sekarang dia mengalami komplikasi dari cedera, tetapi kami harus mengucapkan selamat kepadanya atas prestasinya di Misano," bilang Jarvis, dikutip dari Motosan.

"Kami tidak menyangka dia (Marquez) bisa menang di sini (Misano). Kami pikir dia bisa naik podium dan dia telah berhasil menang tiga balapan tahun ini, jadi dia masih menjadi ancaman dan dia akan kembali lagi tahun depan. Saya pikir Fabio akan menjadi saingannya untuk beberapa tahun ke depan. Dan saya berharap dia (Quartararo) akan bersama Yamaha selama bertahun-tahun (ke depan)," sambung Jarvis.

Marc Marquez dan Fabio QuartararoMarc Marquez dan Fabio Quartararo Foto: Instagram @marcmarquez93

Jarvis juga menjelaskan beberapa keunggulan Quartararo dibanding pebalap Yamaha lainnya. Dikatakan Jarvis, rider asal Prancis itu memiliki semangat dan karakter positif. Quartararo juga bisa bekerja sangat baik dengan tim. Selain tiga hal itu, keunggulan Quartararo tentu adalah bakatnya.

"Ketika saya berada di CEV beberapa tahun lalu, saya melihat bakat itu dan itu tidak hilang. Dan kami telah dapat memverifikasinya tahun ini. Tahun lalu ia melakukannya dengan sangat baik (bersama tim satelit Yamaha). Dan tahun ini, di mana motornya bagus dan timnya bagus, ia telah menunjukkan potensi penuhnya," tukas Jarvis.

Simak video 'Quartararo Juara Dunia, Rossi: Dia Layak Dapatkan Itu':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/riar)