Marc Marquez Bingung, Tak Yakin Bisa Juara MotoGP 2022

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 10 Okt 2021 17:20 WIB
Honda Spanish rider Marc Marquez sits in the box during the second MotoGP free practice session ahead of the Moto Grand Prix of Aragon at the Motorland circuit in Alcaniz on September 10, 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP)
Marq Marquez di tengah sesi latihan bebas MotoGP Amerika 2021 Foto: AFP/LLUIS GENE
Jakarta -

Marc Marquez tampil sempurna saat berlaga di MotoGP Amerika Serikat, yang mengantarnya meraih kemenangan kedua musim ini. Perlahan namun pasti, Marquez kembali berada di level tertinggi pebalap top MotoGP, tapi rider Repsol Honda ini tak yakin bisa mendapat gelar pada musim depan.

Marquez yang sekarang tak seperti dulu lagi, dua kemenangan yang diraih Marquez di musim ini terjadi di MotoGP Jerman dan MotoGP Amerika Serikat. Dia memang selalu tampil solid di kedua sirkuit tersebut, tapi Marquez mengaku masih menderita dengan cideranya. Pun tak yakin musim depan sudah 100 persen fit.

"Tulangnya belum sepenuhnya kuat dan penderitaannya hebat," kata Marquez seperti dikutip Paddock-GP, Minggu (10/10/2021).

"Saya akan bekerja untuk meningkatkan diri saya lebih jauh, tetapi jika kondisi fisik saya tetap sama, saya tidak akan bisa bertarung untuk kejuaraan dunia bahkan pada tahun 2022," tambah Marquez.

Marquez mengingatkan para insinyur Honda bahwa kali ini mereka harus bangkit dan memikirkan kembali RC213V yang tidak dapat dia adaptasi lagi seperti sebelum mengalami cedera akibat kecelakaan di Jerez.

"Sepeda motor baru dan lebih baik lebih dari yang diperlukan . Tapi saya yakin karena Honda bekerja keras," ungkap Marquez.

Dia pun bingung apa yang harus dilakukan, karena kondisi fisiknya sudah tak lagi bisa seagresif dulu. Bahkan saat jatuh pun The Baby Aliens tak tahu apa sebabnya.

"Jelas bahwa saya masih memiliki masalah, di Austin saya selalu terlambat untuk mengubah arah. Saya harus bekerja dua kali lebih keras. Ini benar-benar musim yang sangat sulit . Terkadang saya jatuh dan saya tidak tahu mengapa, terkadang saya cepat dan saya tidak mengerti mengapa, dan terkadang saya lambat tanpa memahami alasannya," imbuh Marquez.

Jika dibandingkan rekan setimnya Pol Espargaro, Marquez meraih hasil lebih baik.

Sepanjang musim 2021, Pol Espargaro belum pernah naik ke podium, dan sudah mengantongi 70 poin. Sedangkan Marc Marquez sudah mengoleksi 117 poin berkat dua kemenangan dari tiga kali podiumnya pada musim MotoGP 2021.

MotoGP 2021 masih menyisakan tiga balapan lagi. Race berikutnya akan digelar pada 24 Oktober 2021 dalam gelaran MotoGP Emilia Romagna, yang kembali digelar di Sirkuit Misano, San Marino. Setelah itu, MotoGP akan menggelar dua seri terakhir yakni MotoGP Portugal dan MotoGP Valencia pada November.



Simak Video "Berkaca dari WSBK, Ini Catatan Penting Agar MotoGP 2022 Sukses"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/mhg)