Bandara Lombok Bersiap Sambut WSBK dan MotoGP di Mandalika, Sanggup Tampung 7 Juta Penumpang

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 07 Okt 2021 09:16 WIB
Terminal Bandara Internasional Lombok
Wujud baru terminal Bandara Internasional Lombok Foto: dok. Bandara Internasional Lombok
Jakarta -

Kurang dari tujuh pekan lagi, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah bagi ajang balap motor kelas dunia WSBK. Tak hanya itu, Indonesia juga akan disambangi oleh Marc Marquez Cs untuk melakoni tes pra musim MotoGP 2022. Lantas, sanggupkah Bandara Internasional Lombok, untuk menjadi gerbang masuk para pebalap dan kargo mereka?

Mandalika Grand Prix Association belum lama ini mengabarkan bahwa Bandara Internasional Lombok tengah bersiap untuk menyambut WSBK 2021 dan MotoGP 2022. Sejumlah bagian diperluas, hingga diklaim mampu menampung tujuh juta penumpang.

View this post on Instagram

A post shared by MGPA Official #TheMandalikaGP (@themandalikagp)

"Semakin Joss! Inilah Persiapan Angkasa Pura 1 dalam menyambut pergelaran WSBK 2021 dan Motogp 2022 dengan memperluas Terminal Bandara Internasional Lombok yang akan mampu untuk menampung 7 juta penumpang (per tahun) dengan Counter Check-in sebanyak 46 dan juga Boarding Gate sebanyak 7," tulis Mandalika Grand Prix Association (MGPA) di unggahan Instagram-nya pada Rabu (7/10/21).

Menurut MGPA, selain memperluas, terminal Bandara Internasional Lombok ini pun berubah bentuk agar memberikan kesan yang megah dan indah.

"Bentuk baru dari Terminal Bandara Internasional Lombok ini memberikan kesan yang megah dan indah, serta perluasan Terminal Bandara ini pun juga akan bermanfaat untuk menampung turis mancanegara yang akan datang ke Lombok untuk menyaksikan Ajang Balapan WSBK 2021 dan MotoGP 2022, membuktikan bahwa Angkasa Pura sudah siap untuk menggelar perhelatan Internasional WSBK 2021 dan Motogp 2022 di Lombok," tulis MGPA.

Kesiapan Bandara Internasional Lombok untuk menyambut pesawat kargo logistik pebalap WSBK dan MotoGP pun sudah rampung. Berita terakhir yang dikabarkan lewat akun Instagram Lombok International Airport menyebutkan bahwa perluasan apron sudah tuntas.

"Ada kabar baik nih,#LOPers. Pekerjaan perluasan apron sisi barat telah tuntas. Dengan luas total 136.300 meter persegi, maka apron#BandaraLombokbisa menampung sebanyak 16 pesawat, dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body," tulis mereka di unggahan Instagram pada Rabu (25/8/21).

"Apron baru ini juga siap untuk mendukung operasional pesawat berbadan lebar sekelas B777 dan pesawat kargo logistik MotoGP," lanjut mereka.



Simak Video "Bisa Tampung 7 Juta Orang, Bandara Lombok Siap untuk MotoGP Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)