Bos Honda Sanjung Tinggi Marc Marquez, Bilang Begini soal Pol Espargaro

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 06 Okt 2021 11:11 WIB
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - JANUARY 27:  Alberto Puig of Spain and Repsol Honda Team speaks with journalists at Sepang Circuit on January 27, 2018 in Kuala Lumpur, Malaysia.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Alberto Puig mengomentari penampilan dua pebalapnya, Marc Marquez dan Pol Espargaro Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Marc Marquez mentas sesuai harapan bos Honda, Alberto Puig, di MotoGP Amerika Serikat. Tapi penampilan Pol Espargaro dinilai mengecewakan.

Dalam balapan yang dihelat di Circuit of The Americas, Senin (4/10/2021) dini hari WIB, Marc Marquez yang start dari posisi ketiga langsung ngacir sedari lap pertama. The Baby Aliens berhasil menyelesaikan balapan terdepan.

Sedangkan rekan setimnya, Pol Espargaro yang start dari posisi 12 bisa naik dua tingkat. Rider berusia 30 tahun ini finis di tempat ke-10.

"Jika kami berbicara tentang seluruh akhir pekan, kami memiliki beberapa kesulitan, tetapi Marc mampu mengendalikan diri dan mengelola motor dengan sangat baik. Dia tahu persis apa yang harus dilakukan dengan ban dan cara mengemudi," kata Alberto Puig memuji penampilan Marquez seperti dikutip Speedweek, Rabu (6/10/2021).

"Kemenangan ini sangat positif bagi tim kami, orang-orang yang bekerja di trek setiap akhir pekan," tambah dia.

Di sisi lain kemenangan Marc Marquez juga mencetak rekor baru, yakni podium ke-450 bagi Tim Repsol Honda. "Angka yang luar biasa, menandakan betapa hebatnya kisah yang telah dibuat oleh Repsol dan HRC bersama-sama," komentar Puig.

"Sangat menyenangkan untuk mencapai tonggak sejarah seperti 450 podium dengan kemenangan besar di COTA. Sangat penting bagi kami untuk menang dan ini merupakan langkah maju untuk balapan berikutnya," sambungnya.

Pujian dilontarkan Puig untuk Marc Marquez, tapi tidak bagi penampilan Pol Espargaro yang finis di tempat ke-10. Dia punya selisih jarak 20,265 detik dari pemenang, Marc Marquez.

"Negatifnya, Pol (Espargaro) sayangnya tidak dapat mencapai hasil yang kami harapkan," imbuh Puig.

Pol Espargaro sejatinya bisa mengawali rangkaian MotoGP Amerika Serikat dengan positif. Pada sesi latihan bebas, mantan pebalap KTM ini bisa masuk grup 5 besar, tapi posisinya terus melorot hingga sesi kualifikasi.

Tak ingin berlarut dalam kekecewaan, Puig menatap seri berikutnya pada GP Misano kedua pada 24 Oktober 2021. Sebagai pengingat: "Gran Premio OCTO di San Marino e della Riviera di Rimini" pada 19 September, Márquez finis keempat, Pol Espargaró ketujuh.

"Kami memiliki banyak data dari balapan dan tes di sana. Kami berharap ini akan meningkatkan kinerja kami dan berjuang untuk podium," tutup Puig.



Simak Video "Masalah Drainase Disinggung Rider WSBK, Mandalika Berbenah Buat MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)