Trek Berbahaya! Pebalap MotoGP Ramai-ramai Boikot Balapan di AS... Kecuali Rossi

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 08 Okt 2021 21:22 WIB
Spains Marc Marquez (93) jumps to the lead at the start of the MotoGP Grand Prix of the Americas motorcycle race at Circuit of the Americas, Sunday, Oct. 3, 2021, in Austin, Texas. Marquez won the race. (AP Photo/Eric Gay)
MotoGP Amerika Serikat Foto: AP/Eric Gay
Jakarta -

Para pebalap ramai-ramai ingin memboikot Circuit of The America (COTA), Austin, Amerika Serikat. Musababnya aspal track lane bergelombang yang dinilai membahayakan pebalap.

Aleix Espargaro menjadi salah satu pebalap yang menentang keras untuk menggelar balapan ulang di Circuit of The America (COTA), Austin, Amerika Serikat. Dia terjatuh sebanyak lima kali dari sesi latihan bebas hingga sesi kualifikasi MotoGP Amerika Serikat.

"Bagi saya bercanda di sini. Kita nggak bisa balapan. Ini sangat berbahaya. Mimpi buruk, saya nggak pernah berada di sirkuit seperti ini," kata Aleix Espargaro seperti dikutip Crash, Jumat (8/10/2021).

"Jika kami mengadakan pemungutan suara di Komisi Keselamatan, saya akan mengatakan untuk tidak balapan. Bagi saya tidak mungkin. Ini sangat, sangat berbahaya," tambah Espargaro.

COTA memiliki gundukan pada track yang diduga disebabkan oleh ketidakstabilan di bawah permukaan trek selama bertahun-tahun. Tetapi setelah satu area dirawat, masalah muncul di tempat lain. Tikungan tikungan 2-3 dan 10 menjadi target utama keluhan pengendara.

"Tentu saja kami mengharapkan beberapa benjolan (di aspal, Red). Tapi benjolan ini sangat berbahaya. Memasuki tikungan 10, kedua roda berada di udara," kata Alex Rins dari Suzuki.

Brno di Republik Ceko dikeluarkan dari kejuaraan dunia tahun ini karena kurangnya pelapisan ulang, COTA harus bertindak dengan hanya memiliki enam bulan sebelum balapan 2022 yang dijadwalkan, pada awal April.

"Mereka perlu memperbaikinya tahun depan jika tidak kami tidak akan balapan. Sekarang treknya tidak aman," kata Rins.

"Kalau mereka melakukan pemeriksaan homologasi sekarang, pasti [trek] tidak akan lolos," tambah dia.

Taakaki Nakagami juga ikut mengomentari sirkuti COTA. Menurutnya ini adalah sirkuit terburuk dalam kalender MotoGP 2021.

"Semua pebalap memiliki keluhan besar tentang gundukan. Ada yang bilang tidak mungkin balapan, ada yang bilang terlalu berbahaya, ini trek terburuk di kalender," kata Takaaki Nakagami.

Valentino Rossi yang bakal pensiun pada akhir musim 2021 tidak ingin terjebak dalam diskusi tentang apa yang perlu terjadi untuk 2022.

"Tahun depan saya tidak balapan! Jadi itu bukan masalah saya!" ujar Rossi seraya tersenyum.

Namun, dia mengingat upaya masa lalu untuk memperbaiki benjolan COTA sebagian besar gagal, pebalap Italia itu skeptis bahwa semuanya akan baik-baik saja bagi mereka yang kembali April mendatang.

"Saya pikir mereka meminta untuk memperbaiki situasi (permukaan) untuk tahun depan - tetapi pada akhirnya, itulah yang kami minta, untuk tahun ini. Tetapi situasinya tidak lebih baik," katanya.



Simak Video "Masalah Drainase Disinggung Rider WSBK, Mandalika Berbenah Buat MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)