Resmi! Vinales Jalani Debut Bersama Aprilia di MotoGP Aragon

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 02 Sep 2021 08:51 WIB
Jakarta -

Maverick Vinales dipastikan menjalani debut bersama Aprilia di MotoGP Aragon, Spanyol, pada 12 September 2021 mendatang. Vinales meraih hasil positif saat menguji coba motor MotoGP Aprilia di Sirkuit Misano, Italia.

Tim MotoGP Aprilia telah mengonfirmasi keikutsertaan Maverick Vinales di seri kedua belas MotoGP 2021 yang diselenggarakan di Sirkuit Aragon. Ini tentu menjadi kabar baik bagi pebalap asal Spanyol yang sudah absen di dua seri MotoGP 2021 menyusul konflik dengan tim balap sebelumnya, Yamaha.

Bukan tanpa alasan Aprilia lebih cepat memberikan debut bagi Top Gun. Pasalnya Vinales menampilkan performa cukup baik dan bisa memperoleh catatan waktu terbaik 1 menit 33,0 detik pada hari Selasa (31/8).

Memang catatan waktu itu lebih lambat dari rekor yang diciptakan Vinales musim lalu saat membesut Yamaha. Saat menunggangi YZR-M1, Vinales mampu mencatatkan waktu terbaik 1 menit 31,077 detik dalam sesi latihan bebas di Sirkuit Misano 2020. Tapi perlu diketahui, bahwa Vinales beralih dari mesin in-line Yamaha ke mesin V4 Aprilia yang secara karakter berbeda jauh, sehingga ia perlu penyesuaian lagi.

Aprilia juga sudah memutuskan menurunkan Vinales di putaran MotoGP selanjutnya. "Keputusan untuk menurunkan Maverick di Sirkuit Aragon adalah hasil langsung dari tes yang (ia) dilakukan di Misano," kata Direktur Teknis Aprilia, Roman Albesiano, dikutip dari Crash.

"Setelah karier yang dihabiskan dengan motor bermesin in-line, Maverick akan memiliki perasaan yang baik dengan mesin V4 kami secara langsung. Inilah mengapa tes di trek ini, secara historis tidak mudah. Jadi ini adalah momen penilaian yang penting," sambungnya.

"Oleh karena itu, kami puas dengan reaksi positif langsung Maverick, yang menunjukkan perasaan positif dengan RS-GP, maupun dengan tim dan metode kerja kami. Bakat Maverick dan Aleix, dikombinasikan dengan pengalaman yang diperoleh Lorenzo musim ini, membuat kami optimis. tentang masa depan proyek MotoGP kami," tukasnya.

Sebagai informasi, di Aprilia,Vinales akan menggantikan posisi sang rookie, Lorenzo Savadori, yang sekarang beralih sebagai pebalap wild card dan pebalap penguji. Vinales diharapkan menjadi tandem yang kuat bagi Aleix Espargaro yang akhir pekan lalu tampil mengesankan dan sukses naik podium di MotoGP Inggris.

(lua/lth)