ADVERTISEMENT

Marquez Jagokan Quartararo Juara MotoGP 2021, Ini Alasannya

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 24 Agu 2021 14:45 WIB
Petronas Yamaha SRTs French rider Fabio Quartararo (L) celebrates after earning the pole position for tomorrows race with third placed Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez during the MotoGP qualifying session of the Spanish Grand Prix at the Jerez - Angel Nieto circuit in Jerez de la Frontera on May 4, 2019. (Photo by JORGE GUERRERO / AFP)
Fabio Quartararo dan Marc Marquez. Foto: JORGE GUERRERO / AFP
Jakarta -

Marc Marquez menjagokan Fabio Quartararo untuk menjadi juara dunia MotoGP 2021. Alasannya, Quartararo tampil begitu konsisten sepanjang musim ini. Pebalap asal Spanyol itu juga menilai Quartararo sangat termotivasi untuk meraih gelar juara dunia di kasta balap tertinggi.

MotoGP 2021 telah menjalankan 11 seri dari 19 seri balap yang dijadwalkan. Untuk sementara, pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo masih nyaman di puncak klasemen dengan selisih 47 poin dari pesaing terdekatnya, Francesco Bagnaia.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez--yang tampaknya sudah kehilangan peluang menjadi juara dunia MotoGP 2021--mengaku terkesan dengan performa Fabio Quartararo yang tampil impresif bersama Yamaha.

"Saya akan mengatakan bahwa Fabio (menjadi pebalap yang mengejutkan saya). Pada dasarnya karena situasi di mana dia tiba tahun lalu, di mana dia tampaknya sedikit tersesat. (Dan) sebaliknya, musim ini dia membalikannya dari awal," kata Marquez, dikutip dari Motorsport Spanyol.

Marquez menambahkan, Quartararo mampu menjadi juara dunia MotoGP 2021 karena dia tampil konsisten dan tidak memiliki banyak masalah teknis di motornya.

"Ini adalah seluruh rangkaian hal. Ada sisi teknis, kepercayaan diri, tetapi, jelas, pengalaman memainkan peran mendasar. Sampai tahun lalu dia belum menjadi juara, baik di Moto3 maupun di Moto2. Sekarang dia sudah memiliki pengalaman itu, dia sudah berada di posisi memenangkan Piala Dunia. Dia mengelola semuanya dengan baik. Semakin percaya diri, semakin baik hasilnya, sehingga memberi Anda lebih banyak motivasi," sambung Marquez.

Akhir pekan ini seri keduabelas MotoGP 2021 akan diselenggarakan di Sirkuit Silverstone, Inggris. Pebalap akan melakukan sesi latihan bebas terlebih dahulu pada Jumat (27/8/2021), dilanjutkan babak kualifikasi di hari Sabtu (28/8/2021) dan race yang digelar Minggu (29/8/2021).

Seri MotoGP Inggris jadi tempat tes yang bagus bagi Quartararo untuk menguji kelayakannya sebagai calon juara dunia MotoGP 2021.

(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT