Tiga Tahun Nggak 'Turun Gunung', Performa Dani Pedrosa Bikin Rossi Kagum

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 08 Agu 2021 14:05 WIB
BARCELONA, SPAIN - JUNE 17: Dani Pedrosa of Spain and Red Bull KTM Factory Racing heads down a straight during the MotoGp Tests at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 17, 2019 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Dani Pedrosa tampil lebih cepat dari Valentino Rossi Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Spielberg -

Valentino Rossi harus puas memulai balapan dari posisi 17 di seri MotoGP Styria 2021. Di sisi lain, performa Rossi selalu berada di belakang dari Dani Pedrosa selama proses kualifikasi.

Meski sudah absen balapan 955 hari dari balapan kelas teratas atau sejak memutuskan pensiun pada 2018 lalu, pebalap wildcard KTM itu tampil lebih cepat dari Valentino Rossi. Ini yang membuat the Doctor kagum.

Menurut Rossi, kembalinya Pedrosa ke ajang MotoGP masih dinilai kompetitif. Pebalap berusia 35 tahun itu berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 menit 23,73 detik, atas hasil itu dia memulai balapan dari posisi 14.

"Saya pikir Dani sudah membuat comeback yang impresif. Dia masih sangat cepat dan kompetitif," ujar Rossi seperti dikutip dari Speedweek, Minggu (8/8/2021).

"Saya mengikutinya, dan dia mengikuti saya. Saya melihat gaya balap klasik yang digunakan Pedrosa; sangat bersih, suka mengerem dengan keras, tapi tetap lembut," tutur Rossi.

Rossi menilai Pedrosa jauh lebih siap meski sudah absen selama lebih dari tiga tahun dari ajang balap MotoGP. Menurutnya, meski Pedrosa diketahui tetap melakukan pengetesan RC16, tapi performa yang diraih Pedrosa atas hasil kualifikasi tersebut patut diacungi jempol.

"Dia juga bekerja untuk tahun mendatang dan motornya tampak kompetitif. Mereka telah melakukan banyak pengujian di sini, jadi dia siap untuk balapan di trek ini," jelas Rossi.

"Tapi tetap saja, untuk menunjukkan kecepatan ini setelah tiga tahun jauh dari balap cukup mengesankan. Saya harus mengucapkan selamat kepada Dani," sambung Rossi.

Sementara Valentino Rossi harus puas memulai balapan dari posisi ke-17. Catatan waktu terbaik Rossi 1 menit 24,097 detik, lebih lambat kurang dari satu detik dari Pedrosa. Dengan hasil itu, pebalap yang bakal pensiun di akhir musim 2021 ini harus memulai balapan dari posisi ke-17.

"Saya akan start dari posisi 17 di grid. Kami harus mencoba untuk mendapatkan beberapa poin," ujar Rossi.

***

Setelah libur kurang lebih sebulan, MotoGP 2021 akan diselenggarakan lagi. Seri kesepuluh MotoGP 2021 digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (8/8/2021). Laga ini bisa dilihat langsung di Trans7 dan melalui live streaming detikOto.



Simak Video "Masalah Drainase Disinggung Rider WSBK, Mandalika Berbenah Buat MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)