'Valentino Rossi Sejajar Michael Jordan, Muhammad Ali, dan Ayrton Senna'

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 06 Agu 2021 16:48 WIB
Valentino Rossi Pensiun dari MotorGP, Ini 5 Fakta Kulinernya yang Menarik
Valentino Rossi menjadi salah satu legenda olahraga dunia, dianggap sejajar dengan Michael Jordan dan Muhammad Ali Foto: Instagram @valeyellow46
Jakarta -

Valentino Rossi resmi memutuskan pensiun di akhir musim MotoGP 2021. Sejumlah pebalap yang pernah bersaing dengannya memberikan ucapan salam perpisahan, salah satunya Jorge Lorenzo. Disebut Lorenzo, Rossi sudah sejajar dengan olahragawan terbesar di planet Bumi.

Rossi mengumumkan pensiun pada Kamis (5/8/2021), di sesi konferensi pers jelang MotoGP Styria. Rider Petronas Yamaha SRT itu mengaku akan mengakhiri kariernya sebagai pebalap motor pada akhir musim ini.

Sudah 26 tahun terjun ke dunia balap MotoGP dan tampil di kelas 125 cc, 250 cc hingga 500 cc, Rossi sudah menjalani persaingan dengan banyak rider lintas generasi. Kini, usai mengumumkan pensiun beberapa pebalap memberikan kata-kata perpisahan kepadanya.

Salah satunya datang dari mantan rider MotoGP, Jorge Lorenzo. Pernah menjadi rekan satu tim Rossi saat tampil di Yamaha pada musim 2008-2010, Lorenzo menyanjung tinggi The Doctor.

Lorenzo bahkan menyebut jika Rossi punya level yang sama dengan para legenda olahraga lain seperti Michael Jordan, Tiger Woods hingga Muhammad Ali. Hal ini dia ungkapkan dalam unggahan foto di Instagram pribadinya @jorgelorenzo99.

"Ini adalah akhir dari sebuah era. Di atas lintasan, kami berempat memiliki kecepatan yang sama," tulis Jorge Lorenzo.

"Namun, dalam hal kharisma dan kelebihannya, Valentino Rossi sudah berada di level yang sama seperti Jordan, Woods, Ali dan Senna. Nikmati babak baru dari kehidupanmu, legenda!" sambungnya.

Hubungan Rossi dengan Lorenzo sebenarnya tidak bisa dibilang baik, meski mereka sempat beberapa musim berada di tim yang sama. Rivalitas yang tinggi sampai membuat paddock Yamaha harus diberi penyekat.

Keduanya sempat berpisah kalaRossi memutuskan bergabung denganDucati di tahun 2011. Namun akhirnya,Rossi dan Lorenzo kembali menjadi rekan satu tim pada musim 2013 sampai 2016. Tapi persaingan keduanya tak sehebat yang terjadi antara tahun 2008-2010.

Ketika masa balapnya sudah mulai habis, Por Fuera memutuskan pensiun di akhir musim 2019 dengan Honda merupakan tim terakhir yang dibelanya. Kini, Rossi juga mengikuti jejaknya dengan memilih gantung helm di usia yang tak lagi muda, 42 tahun.

Sebelum pensiun, Rossi saat ini masih membela tim Yamaha Petronas SRT. Tapi sayang, sejauh musim ini dia belum pernah merasakan naik podium. The Doctor baru mengoleksi 17 poin dan berada di peringkat 19 klasemen sementara.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)