Dani Pedrosa Comeback di MotoGP Styria, Masih Jago?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 03 Agu 2021 17:31 WIB
Dani Pedrosa
Dani Pedrosa (kanan) akan balapan di MotoGP Styria 2021 sebagai wildcard. Foto: KTM
Jakarta -

Dani Pedrosa akan kembali ke lintasan MotoGP akhir pekan ini. Mantan pebalap Repsol Honda tersebut dipastikan berpartisipasi di MotoGP Styria 2021, yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria (8/8/2021). Lalu seperti apa perasaan Pedrosa ketika mendapatkan kesempatan itu setelah memutuskan pensiun pada 2018 lalu?

Akhir pekan ini pentas MotoGP akan kedatangan tamu istimewa. Tamu istimewa tersebut adalah Dani Pedrosa, mantan pebalap Honda yang kini bekerja untuk Red Bull KTM Factory Racing sebagai test rider. Setelah sukses membuat pebalap KTM naik podium, Pedrosa kini ditawari mengikuti balapan sebagai wildcard.

Dikutip dari Motosan, kembali ke balapan kompetitif setelah dua tahun lebih absen bakal membuat Pedrosa beradaptasi lagi. Selain itu, Pedrosa juga perlu memperkuat mentalnya lagi, karena bagaimanapun itu sangat beda dengan pekerjaan test rider yang dilakoninya saat ini.

"Sulit untuk mengatakan seperti apa balapan saya di Austria karena sudah lama saya absen. Juga, mentalitas saat tes sangat berbeda dengan mentalitas saat balapan, baik untuk saya maupun tim mekanik saya. Jadi kami akan beradaptasi selama akhir pekan untuk menampilkan performa yang bagus," kata pebalap berjuluk The Little Samurai ini.

Pedrosa juga memberi tanggapan mengenai evolusi yang terjadi di MotoGP sejak ia memutuskan pensiun pada 2018 lalu. Menurutnya, motor MotoGP saat ini semakin kencang dan makin banyak teknologi yang disematkan.

"Sulit mengatakan bahwa ada perubahan besar di MotoGP, tetapi ada perubahan generasi yang jelas saat ini. Kami melihat bahwa kecepatannya semakin cepat dan setiap putaran waktunya lebih baik, itu karena tim berkembang dengan teknologi. Sekarang kami harus mempertimbangkan lebih banyak faktor," sambungnya.

Perlu diketahui, bahwa tujuan Dani Pedrosa berlaga di MotoGP Styria bukanlah untuk mendulang poin atau naik podium. Tujuannya adalah untuk menguji motor langsung di balapan kompetitif.

"Saya harus beradaptasi dengan strategi balapan baru, dan membiasakan diri dengan semua bagian yang lebih berteknologi dari motor saat balapan. Jadi harapan saya untuk tes ini adalah menikmati balapan dan juga untuk menyenangkan publik, karena sudah cukup lama saya tidak balapan," tukasnya.

(lua/din)