Cal Crutchlow Balapan Lagi, Jadi Pengganti Morbidelli

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 28 Jul 2021 18:51 WIB
Jakarta -

Cal Crutchlow akan balapan lagi di MotoGP. Setelah memutuskan pensiun dari balapan motor paling bergengsi ini, pebalap asal Inggris tersebut akan turun ke sirkuit sebagai pebalap lagi menggantikan Franco Morbidelli.

Dikutip Crash, Petronas Yamaha telah mengkonfirmasi bahwa Cal Crutchlow akan bergabung dengan tim sebagai pengganti Morbidelli yang cedera. Setidaknya Crutchlow akan balapan dengan motor Yamaha pada tiga seri berikutnya, dua seri di Austria dan satu di Inggris.

Cal Crutchlow memutuskan pensiun sebagai pebalap MotoGP pada akhir musim lalu, setelah balapan dengan motor Honda. Kini, Crutchlow bertugas sebagai pebalap penguji Yamaha, yang sebelumnya posisi tersebut diisi oleh Jorge Lorenzo.

Kini, Crutchlow kembali ke motor Yamaha M1, motor yang ia kendarai di awal karier MotoGP-nya dengan Tech3 mulai 2011-2013.

Franco Morbidelli mengalami cedera pada bagian lutut dan harus naik meja operasi. Cedera ini sudah terasa sejak awal Juni lalu, kemudian ia sempat mengalami crash saat mengikuti sesi latihan bebas di MotoGP Prancis.

Rasa sakit di lutut Morbidelli semakin menjadi karena dia mengalami insiden dalam sesi latihan pada akhir Juni. Setelah diperiksa, kondisi lutut Morbidelli tak memungkinkan digeber untuk balapan dan ia harus menjalani pemulihan selama beberapa pekan.

Morbidelli diprediksi harus rehat selama kurang lebih delapan pekan untuk menjalani program rehabilitasi. Jika melihat jadwal kalender MotoGP, rider asal Italia itu kemungkinan akan comeback pada seri MotoGP Austria yang digelar pertengahan Agustus.

Kepala Tim Yamaha Petronas SRT, Razlan Razali menyebut kembalinya sang rider ke lintasan akan sulit terwujud dalam waktu dekat. Kemungkinan besar dia akan tampil saat MotoGP Misano pada September mendatang.

"Franco (Morbidelli) pulih dengan baik dari operasi lututnya. Kami ingin memastikan bahwa dia dalam kondisi 100% fit sebelum kembali, jadi saya pikir kami tidak akan mengharapkan dia untuk balapan lagi sampai MotoGP Misano, meskipun saya berharap itu akan lebih cepat," kata Razali

Pada MotoGP Belanda, Morbidelli digantikan oleh pebalap World Superbike Garrett Gerloff. Tapi, pebalap asal Amerika itu tidak bisa menggantikan Morbidelli di Austria karena komitmen dengan Superbike.

Sebagai pebalap penguji Yamaha, akhirnya Crutchlow yang dipanggil untuk menggantikan Morbidelli.

(rgr/din)