Morbidelli Diperkirakan Absen sampai MotoGP Misano di September

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 17 Jul 2021 15:56 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 26: Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT prepares to start  in box during the MotoGP of Qatar - Free Practice at Losail Circuit on March 26, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
FRanco Morbidelli diperkirakan akan absen sampai September (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Franco Morbidelli dipastikan absen beberapa seri ke depan setelah mengalami cedera pada bagian lututnya. Diprediksi, dia harus menepi selama beberapa bulan sampai seri MotoGP Misano.

Morbidelli harus naik meja operasi karena cedera pada lututnya semakin parah. Kondisi tersebut memaksa dia melewatkan balapan MotoGP Belanda dan posisinya digantikan oleh rider Superbike, Garrett Gerloff.

Lutut bagian kaki kiri Morbidelli mengalami cedera meniscus dan anterior ligamen. Sejak awal Juni, ia sudah mengeluh soal kondisi lututnya, lalu diperparah lagi ia mengalami crash saat latihan pada akhir Juni. Pebalap berusia 26 tahun ini kemudian tak sanggup untuk lanjut menggeber motornya di lintasan.

Setelah dioperasi, Morbidelli diprediksi harus rehat selama kurang lebih delapan pekan untuk menjalani program rehabilitasi. Jika melihat jadwal kalender MotoGP, rider asal Italia itu kemungkinan akan comeback pada seri MotoGP Austria yang digelar pertengahan Agustus.

Mengenai comeback Morbidelli, Kepala Tim Yamaha Petronas SRT, Razlan Razali menyebut jika kembalinya sang rider ke lintasan akan sulit terwujud dalam waktu dekat. Kemungkinan besar dia akan tampil saat MotoGP Misano pada September mendatang.

"Franco (Morbidelli) pulih dengan baik dari operasi lututnya. Kami ingin memastikan bahwa dia dalam kondisi 100% fit sebelum kembali, jadi saya pikir kami tidak akan mengharapkan dia untuk balapan lagi sampai MotoGP Misano, meskipun saya berharap itu akan lebih cepat," kata Razali dikutip Crash.

"Ini adalah trek yang amat dia sukai, dia tahu betul dan itu seharusnya menjadi trek yang bagus untuk melihatnya tampil kembali. Kami semua terus mendoakan yang terbaik untuk pemulihannya dan ia akan kembali ketika benar-benar fit," ungkapnya.

Tim Yamaha Petronas SRT telah menemukan pengganti sementara Morbidelli, dia adalah Garrett Gerloff. Namun, belakangan ini rumor yang beredar jika posisinya akan digantikan oleh Cal Crutchlow.

Cal Crutchlow sendiri pernah menunggangi motor pabrikan asal Jepang tersebut selama tiga musim di kelas MotoGP. Dari tahun 2011-2013, pebalap asal Inggris itu bergabung bersama tim satelit Yamaha dan berhasil meraih delapan kali podium.

Setelah pensiun dari MotoGP di akhir musim 2020, Cal Crutchlow di kontrak oleh Yamaha untuk menjadi pebalap penguji, menggantikan posisi Jorge Lorenzo.

Jika benar Yamaha mengambil keputusan tersebut, maka rider berusia 35 tahun itu berkesempatan kembali membalap di ajang MotoGP Styrian pada awal Agustus mendatang.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)