Quartararo Harus Waspada, Zarco Juga Incar Gelar Juara Dunia MotoGP 2021

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 25 Jul 2021 16:23 WIB
Ducati-Pramac French rider Johann Zarco steers his motorbike during the third free practice session ahead of the German motorcycle Grand Prix at the Sachsenring racing circuit in Hohenstein-Ernstthal near Chemnitz, eastern Germany, on June 19, 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)
Johann Zarco incar gelar juara dunia MotoGP 2021. Foto: AFP/RONNY HARTMANN
Jakarta -

Pebalap Pramac Racing, Johann Zarco mengaku tak menyangka atas capaiannya di MotoGP sepanjang paruh musim ini. Namun Zarco menyebut tidak mau terlena begitu saja dengan torehan saat ini, ia akan terus bersaing dan mengejar gelar juara dunia.

Selama paruh musim ini, rider asal Prancis tersebut tampil cukup impresif di MotoGP. Sampai seri kesembilan, Zarco berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan torehan 122 poin, terpaut 34 poin dari posisi pertama yakni Fabio Quartararo.

Raihan poin tersebut didapat Zarco berkat empat kali naik podium di sembilan seri MotoGP 2021, yakni seri MotoGP Qatar, MotoGP Doha, MotoGP Prancis, dan MotoGP Catalunya. Meski berhasil finis di tiga besar, sayang Zarco hanya mampu finis di posisi kedua dan belum sekalipun menyelesaikan balap di urutan satu.

Hasil di paruh pertama musim ini membuat pebalap berusia 31 tahun tersebut melebihi harapannya. Zarco mengaku tak menyangka bisa mengalahkan sejumlah pebalap unggulan lain, mengingat Zarco saat ini bergabung dengan tim satelit Pramac Ducati.

"Musim ini lebih baik dari ekspektasi saya, lebih baik dari apa yang bisa saya umumkan saat di awal musim." kata Zarco dikutip dari Motorsport.

"Tapi, begitu berada di dalam posisi ini, Anda harus mengambil kesempatan ini dan itu adalah target akhir saya untuk memperjuangkan gelar dan mencoba menjadi juara dunia," sambungnya.

Menghadapi paruh kedua MotoGP 2021, Zarco mengatakan bukan saatnya untuk bersantai. Dia akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa bersaing dengan pebalap lain dalam meraih titel juara.

"Hasil ini memang lebih baik dari perkiraan. Tetapi, hal itu bukan berarti saya bisa bersantai. Saya hanya harus memaksimalkan momen ini dan saya sudah cukup bahagia," tutur Zarco.

"Dan jika saya hanya memikirkan gelar, saya harusnya kecewa bisa kehilangan poin dari Fabio (Quartararo) di Assen. Tetapi jika saya juga memikirkan kejuaraan, saya senang bisa menyusul sejumlah pebalap lain tepat di belakang saya. Jadi sekali lagi, itu adalah hal yang bagus," pungkasnya.

Balapan MotoGP saat ini masih memasuki jeda libur musim panas. Seri selanjutnya akan berlangsung di MotoGP Styrian yang berlangsung awal Agustus mendatang. Mari kita tunggu aksi para rider kembali melintas di sirkuit dan bersaing memperebutkan gelar juara.

(lua/lua)