Dirumorkan Pindah ke Tim MotoGP Yamaha, Ini Jawaban Jonathan Rea

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 23 Jul 2021 20:19 WIB
Pebalap WSBK Jonathan Rea
Foto: Instagram @krt_worldsbk. Pebalap WSBK Jonathan Rea.
Jakarta -

Pebalap WSBK dari Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, dirumorkan akan pindah ke ajang MotoGP untuk bergabung bersama tim Yamaha. Lalu seperti apa tanggapan pebalap yang saat ini mendominasi di ajang World Superbike tersebut?

Yamaha sedang mengalami krisis pebalap untuk ajang MotoGP tahun depan. Seperti diketahui, Maverick Vinales sudah memutus kontrak dengan Monster Energy Yamaha, sementara masa depan Valentino Rossi di Petronas Yamaha SRT juga diragukan, mengingat performanya yang kurang sip.

Melihat situasi di kubu garpu tala, banyak rumor beredar seputar kandidat potensial yang bakal menjadi pebalap Yamaha selanjutnya. Sebelumnya, ada nama Raul Fernandez yang mencuat dan digadang-gadang menjadi pengganti Vinales. Nah kemudian baru-baru ini muncul nama Jonathan Rea dari kompetisi balap 'sebelah' yang digadang-gadang akan menjadi pebalap Yamaha selanjutnya.

Menanggapi rumor tersebut, Rea tidak ingin berbicara lebih detail. Namun ia mengaku cukup terkejut atas munculnya wacana itu.

"Tentu saja, saya sama sekali tidak ingin membicarakan hal itu di tengah-tengah balapan akhir pekan. Tapi tentu saja saya membaca kabar yang sama seperti Anda dan sama terkejutnya," kata Rea, dikutip dari Visordown.

Sekadar informasi, saat ini Jonathan Rea begitu mendominasi di ajang balap motor WSBK. Ia sukses menjadi juara enam kali berturut-turut dari tahun 2015-2020. Melihat fakta itu, tentunya kemampuan Rea tidak perlu diragukan lagi ketika ia bergabung di kancah MotoGP.

Apakah mungkin Jonathan Rea pindah dari WorldSBK ke MotoGP?

Peluang kepindahan Rea dari WSBK ke MotoGP tampaknya akan menjadi sesuatu yang sulit diwujudkan. Sebab pebalap asal Irlandia Utara itu memiliki hubungan yang sangat harmonis dengan Kawasaki.

Dengan kesuksesan meraih gelar juara WSBK selama enam kali berturut-turut, tentunya hubungan emosional Rea dengan Kawasaki sudah terbentuk erat. Terlebih Rea juga masih memiliki peluang besar menjuarai WSBK tahun ini dan menambah rekornya. Rea juga disebut memiliki andil yang besar dalam mengembangkan sportbike ZX-10R baru. Dan dia adalah duta besar bagi Kawasaki.

Kontrak Rea bersama Kawasaki akan berakhir pada 2023 mendatang. Dan kemungkinan besar, pebalap yang kini berusia 34 tahun tersebut akan memilih untuk pensiun dari dunia balap.

(lua/din)